Tampaknya saya ketinggalan berita dan tidak menyadari kalau ada peringatan dari Google Search Console soal akses beberapa file bertipe CSS dan JavaScript. Ya karena saya lebih sering mengurus server dan mensettingnya daripada melihat – lihat dari sisi administrasi websitenya. Haha. 😀

Jadi isi pesan yang saya dapatkan adalah seperti berikut:

Googlebot cannot access CSS and JS files on https://servernesia.com/

To: Webmaster of https://servernesia.com/,

Google systems have recently detected an issue with your homepage that affects how well our algorithms render and index your content. Specifically, Googlebot cannot access your JavaScript and/or CSS files because of restrictions in your robots.txt file. These files help Google understand that your website works properly so blocking access to these assets can result in suboptimal rankings.

Jadi botnya Google ingin membaca file – file dengan jenis diatas. Kalau saya baca di internet ini karena Google ingin memahami bagaimana kita menampilkan situs kalau pengunjungnya bertipe mobile (handphone atau tablet). Dan botnya sendiri bisa dikatakan menaati peraturan larangan crawling (meramban) yang sudah dituliskan dalam file robots.txt.

Nah… saya baca – baca di internet kok solusinya ribet sekali dan kadang spesifik per CMS atau struktur websitenya. Jadi kadang ada sendiri untuk WordPress, Drupal, Joomla dan sebagainya.

Karena saya tidak mau ambil pusing dan ingin bisa digunakan di semuanya akhirnya menemukan kode yang pas:

User-agent: Googlebot
Allow: *.css
Allow: *.js

Tambahkan ke dalam robots.txt situs anda dan letakkan di bagian akhir. Dalam beberapa hari pesan error ini akan berhasil teratasi.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *