Mungkin karena saya banyak membahas OpenLiteSpeed dan juga saya sendiri secara aktif menggunakannya jadi cukup banyak yang bertanya – tanya. Salah satunya adalah bagaimana agar trafik HTTP biasa pada port 80 secara otomatis akan dialihkan ke HTTPS pada port 443. Ini kalau dibiarkan maka oleh Google akan dianggap menjadi 2 situs yang berbeda dan resiko dianggap duplicate content. Rugi kan?

Nah… mungkin dari hasil pencarian Google kurang bagus saat mencari solusi redirect pengunjung HTTP ke HTTPS yang sebenarnya sudah saya tuliskan pada tutorial mengaktifkan HTTPS pada OpenLiteSpeed sebelumnya. Jadi akan saya bahas ulang disini. Jadi langsung saja letakkan kode – kode berikut pada bagian Rewite untuk virtual host website anda:

  • Pengalihan otomatis trafik HTTP ke HTTPS secara permanen dengan kode 301
    RewriteCond %{HTTPS} !on
    RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]
  • Pengalihan format URL www menuju non-www dan HTTPS juga dengan kode 301
    RewriteCond %{HTTP_HOST} ^www\.(.+)$ [NC]
    RewriteRule ^(.*)$ https://%1%{REQUEST_URI} [L,R=301]

Letakkan pada posisi paling atas ya, karena ini diproses secara urut. Oh ya, gunakan seperlunya juga karena 2 potongan kode diatas fungsinya beda walaupun mirip. Misal anda memiliki kode untuk permalink WordPress atau Friendly URL untuk CMS lain letakkan pada posisi setelahnya atau paling akhir. Dan sebenarnya bisa menggunakan struktur kode Rewrite milik Apache karena memang kompatibel, jadi jangan kaget kalau masih mirip – mirip.

Semoga bermanfaat. 🙂