Rekomendasi VPS dengan lokasi Singapura

Beberapa kali saya mendapatkan pertanyaan mengenai provider VPS/Cloud Server berlokasi di Singapura yang memiliki spesifikasi bagus, kualitas pelayanan baik, stabil dan pastinya memiliki harga yang murah. Dulu memang jarang yang menyediakan layanan VPS di SG yang memenuhi beberapa kriteria tadi, tapi sejak ada satu yang mengawali mudahnya dan akhirnya menjadi standar.

Bahkan saya perhatikan beberapa provider VPS di Indonesia dan internasional cukup sering menawarkan lokasi SG yang sebenarnya bisa kita sewa sendiri langsung. Ini jatuhnya lebih murah dengan kualitas yang sama. Bedanya anda butuh kartu kredit atau PayPal untuk pembayaran invoicenya, sedangkan untuk di Indonesia masih bisa pakai transfer bank. Atau kalau anda butuh support dalam bahasa Indonesia ya bisa jadi pengecualian juga.

Langsung saja pada daftar penyedia Virtual Private Server yang direkomendasikan:

  • DigitalOcean: https://www.digitalocean.com/
    Nama besar dalam dunia VPS/Cloud Server yang memberikan harga murah dan kestabilan sistem. Pertama kali saya mencoba lokasi Singapore adalah dengan DO, apalagi dengan teknologi berbasis awan sehingga kita dengan mudah melakukan upgrade dan downgrade sewaktu – waktu sesuai kebutuhan.

    Review DigitalOcean: https://servernesia.com/557/digital-ocean-cloud-server-murah-fleksibel/

  • Leaseweb: https://www.leaseweb.com/
    Sedangkan Leaseweb juga memiliki reputasi yang cukup bagus dan dengan datacenternya di SG jelas menarik bagi calon pelanggannya di Indonesia. Saya sendiri pernah menggunakannya tapi lewat partnernya di Russia (RU-TLD) dan hanya sesaat karena teman yang menyewa. Kabarnya dari mas Putra untuk pelanggan Indonesia butuh verifikasi telepon untuk order kalau langsung ke Leaseweb. Cukup merepotkan jadinya.
  • Dediserve: https://www.dediserve.com/
    Beberapa provider VPS di Indonesia saya amati menggunakan Dediserve, tidak salah karena tarifnya sendiri cukup bersaing dan spesifikasi servernya juga bagus. Mereka di Singapura memanfaatkan datacenter milik Equinix.

    Review Dediserve JKT & SG dari mas Putra: http://forum.servernesia.com/threads/review-dediserve-jkt.6/

  • Linode: https://www.linode.com/
    Sebenarnya Linode ini adalah nama lama dalam dunia VPS dengan harga terjangkau, cukup terkenal dengan kualitas pelayanannya. Mereka juga menggunakan Equinix sebagai datacenternya. Mereka cuma menerima kartu kredit setahu saya.
  • Vultr: http://go.servernesia.com/vultr
    Dan akhirnya Vultr ikut launching lokasi Singapura. Cocok bagi yang ingin fitur DigitalOcean tapi dapat spesifikasi lebih baik dengan harga yang sama.

Mana yang terbaik? Terus terang saya memilih yang termurah dari daftar diatas karena kualitas mereka sudah tidak perlu diragukan lagi. Sisanya tinggal anda ujicoba dan benchmark sampai mana kestabilan dan performanya. Karena yang cocok buat saya atau orang lain belum tentu sama dengan yang anda alami nanti.

Agak telat memang, tapi kenapa kita cari lokasi Singapura? Kok bukan dalam Indonesia (IIX) saja? Sebelum Dediserve menawarkan lokasi Jakarta baru – baru ini apa yang ditawarkan oleh para penyedia VPS dalam negeri bisa dikatakan cukup mahal dan spesifikasi VPSnya sendiri kalah bersaing. Tapi lokasi SG memberikan koneksi dan bandwidth cukup bagus kalau diakses dari Indonesia dengan spesifikasi VPS yang standar secara internasional dan tentunya lebih terjangkau.

8 pemikiran pada “Rekomendasi VPS dengan lokasi Singapura

    • Pakai Leaseweb mungkin mbak. Kalau saya perhatikan banyak provider VPS masuk ke SG pakainya datacenter ini juga. Tapi ini kabar gembira memang, walaupun datacenter sama tapi kualitas layanan setiap penyedia bisa berbeda. Banyak saingan juga ikut menurunkan biaya. 😛

      Dan ini kok jadi tebar racun, harus kuat iman biar ga belanja lagi. Ahahaha. 😀


      Ralat, kalau baca – baca mungkin nyewa tempat sendiri tuh Vultr. Wah… bisa jadi alternatif terbaik nih yang butuh lokasi SG. 😀

  1. Om, untuk server US, antara linode sama digital ocean bagusan mana ya? kalau dilihat dari spec kan linode jauh lebih murah tuh.

    Oiya tolong review managed VPS yang murah dong om, pengen fokus ke konten, lama2 males ngurusin server, soalnya beberapa kali hire programer kaga handal, kena hack mulu, mau hire bule per jam $100, maintain per bulan bisa kena $1000 pake freelancer, kaga sanggup saya… hahahaha.

    Thanks.

    • Weh… Linode ya. Nama besar dan aslinya pionir VPS terjangkau. Tapi sayangnya sering kena DDoS dan pernah kena hack juga. Setidaknya DigitalOcean trackrecordnya belum separah itu. Dan tidak minat coba Vultr mas?

      Managed VPS yang berkualitas rata – rata ga murah sih mas. Sudah cek KnownHost dan WiredTree?

      Dan ini mas kena hack servernya tahu apa penyebabnya? Kalau ga ya sama saja bohong pindah – pindah provider.

  2. Akhirnya pilihan saya jatuh pada linode, karena ngetest supportnya mantap respon cepat.

    Pengen coba hosting lokal cuma mahal harganya, Dan supportnya lemot, live chat harus nunggu jawaban 10menit, itu juga dijawab ngga nyambung Dan level knowledgenya parah banget.

    Bukannya ngga cinta produk dalam negeri, tapi prinsip ekonomi saya memilih yang murah tapi bagus.

    Kalau lokal saya percaya qwords, yang punyanya ahli banget tentang server. Pilihan kedua adalah biznet, perusahaan besar, matang Dan customernya perusahaan besar juga.

    Hati2 banyak reseller hosting, biasanya cuma hitungan Bulan udah bangkrut, Dan data kita hilang begitu saja kalai tidak Di backup.

    • Trims share ulasannya mas Riki. Saya mau review Linode terbentur masalah pembayaran, hanya bisa kartu kredit dan PayPal baru bisa digunakan untuk pembayaran kedua. Padahal minat banget cobanya. Antara Linode dan Leaseweb yang tampaknya bagus di region SG yang belum sempat saya coba sendiri.

      Yang lokal sudah sangat lama sekali ga menyentuhnya. 😀 Agak bias karena dulu sempat dikecewakan dan begitu tahu relatif lebih bagus supportnya untuk provider luar negeri. Mau ga mau jadi mindset karena dibandingkan kerasa banget.

      Biznet GIO ya? Sempat dengar dari teman, tapi ya sama, belum pernah mencobanya. 🙂

      Trims warningnya, keunggulan provider lokal menurut saya itu terutama ke pembayaran yang bisa transfer dan supportnya bahasa Indonesia.

Tinggalkan komentar