Daftar layanan Email Forwarder gratis

Pertanyaan dari mas Tom soal mail forwarder agar seluruh email yang masuk ke inbox domainnya diteruskan ke alamat Gmailnya membuat saya ingat kalau ini adalah kasus yang termasuk umum terjadi bagi yang baru migrasi dari shared hosting ke Virtual Private Server. Saya sendiri baru bingung dan butuh lebih dari setahun sejak pindah ke VPS. 😛 Lebih terpakai di forum dan online shop daripada blog soalnya, untuk notifikasi biasanya.

Daripada kita repot – repot menginstall dan mensetting Exim atau Postfix dalam server – memang bisa dan normalnya hasil di Google menyarankan begitu – maka saya lebih suka menggunakan layanan pihak ketiga karena lebih mudah dan cepat. Istilahnya jangan dibuat rumit, apalagi kalau layanan mail forwardernya bisa digunakan secara gratis. 😉

  • Namecheap FreeDNS: https://www.namecheap.com/domains/freedns.aspx
    Yang pertama kali saya pikirkan saat membicarakan Mail Forwarder adalah fitur dari DNS hosting gratis milik Namecheap. Tinggal anda gunakan saja Free DNS milik mereka dan aktifkan fitur ini. Selesai. Tapi ada batasan query DNSnya sebesar 500.000 per bulan, kalau trafik website anda cukup besar bisa mencoba upgrade ke Premium DNS mereka yang memberikan fitur lebih dan batasan yang lebih besar (2 juta query per bulan) seharga $5 per tahun.
  • Zoho: https://www.zoho.com/
    Sedangkan Zoho merupakan pilihan utama saya saat membutuhkan email hosting gratis dengan custom domain. Keren kan punya [email protected]_saya.com? Hehe. 😛 Dan kalau anda sudah menggunakannya maka ada fitur email forwarding juga disini. Dikombinasikan dengan alias maka inbox email anda akan lebih teratur dan rapi.
  • ImprovMX: http://improvmx.com/
    Kalau tidak ingin mengganti DNS hosting yang digunakan nama domain anda maka ImprovMX bisa menjadi solusinya. Tinggal anda setel saja MX record dalam DNS record domain anda dan selesai sudah.
  • Inbox.eu: https://www.inbox.eu/
    Idem dengan Zoho sebenarnya. Ini juga layanan email hosting gratis dengan custom domain dan Servernesia menggunakannya. Fitur mail forwarder juga sudah ada didalamnya.

Sementara sampai disini dulu daftar penyedia email forwarder gratisnya dan saya yakin masih ada lagi yang lainnya belum saya bahas. Yang saya tulis disini berdasarkan yang pernah saya pakai dan rekomendasikan. Pada dasarnya kalau anda menggunakan email hosting hampir pasti ada fitur ini, dan beberapa penjual nama domain yang memberikan fitur DNS hosting/manager gratis khusus untuk kliennya seperti NameSilo juga menyediakannya.

Semoga bermanfaat. 🙂

6 pemikiran pada “Daftar layanan Email Forwarder gratis”

  1. Terima kasih atas informasinya.
    Saya coba pakai Improvmx untuk website proyek kecil-kecilan uji coba dan hasilnya bagus juga.
    Tetapi kalau semua email diterima apakah nanti tidak banjir spam ya ?
    Terima kasih.

    • Halo mbak Erlina, ya… berbanding lurus tentunya dengan banyaknya email dari website anda. Kalau misal sudah terlalu banyak sebaiknya dibuat filter dan label otomatis. Di Yahoo dan Gmail ada kok fitur tersebut, biar ga mengganggu inbox utama.

    • Mas kesulitan dimananya? Kalau cara setting sih tinggal daftar di Zoho, masukkan nama domain dan nanti setting MX record pada DNS servernya. Untuk Email Forwarding ada opsinya di panel Zoho.

  2. sore mas
    saya udah daftar email di zoho dengan domain sendiri dan dns juga udah di setting, muncul masalahnya tdak bisa terima email dari official sperti gmail, yahoo, hotmail tapi kalau email lain masuk. itu kira2 kenapa ya?

Tinggalkan komentar