Memperbaiki database MyISAM MySQL

Musibah memang tidak bisa ditebak dan karena itulah backup data – data penting VPS anda wajib dilakukan. Tapi kalau sudah terlanjur terjadi dan database MySQL website anda bermasalah maka kita harus mengetahui solusinya. Walaupun tidak ada jaminan berhasil tapi daripada pasrah tentu lebih baik.

Jadi kalau muncul pesan error seperti Table 'nama_tabel' is marked as crashed and should be repaired maka bisa dicoba memulihkannya dulu. Paling umum ini disebabkan adanya korupsi indeks atau data didalamnya. Oh ya, jenisnya adalah MyISAM bukan InnoDB.

Langkah pertama sebelum menginstruksikan MySQL untuk memperbaikinya, silahkan masuk dulu:

mysql -u root -p

Kemudian jalankan perintah berikut pada tabel MySQL yang bermasalah:

REPAIR TABLE nama_tabel;

Ada satu lagi sebenarnya perintah alternatifnya. Tapi anda harus tahu apa nama databasenya dengan ekstensi *.MYI (bukan .frm dan .MYD ya, keduanya lain fungsinya) dan dimana lokasinya, baru anda eksekusi perintah berikut:

myisamchk -r nama_tabel.MYI

Apa beda metode REPAIR TABLE dengan myisamchk? Sederhananya lakukan yang pertama kalau database servernya dalam keadaan online, dan yang kedua dalam keadaan offline karena kita langsung memanipulasi file – filenya.

Saya sarankan anda selalu membuat backup databasenya sebelum mencoba memperbaikinya. Perintah diatas juga bisa diterapkan pada Percona dan MariaDB karena masih satu keluarga.

Tinggalkan komentar