Cara install 7zip di Linux

Topik kali ini terinspirasi dari pertanyaan mbak Intan soal file RAR yang gagal diekstrak isinya di Linux. Jadi file arsip jenis RAR cukuplah populer digunakan di Windows tapi di Linux bukanlah hal wajar untuk menggunakannya apalagi di server. Yang dipakai sendiri adalah unrar dan secara pribadi saya enggan menggunakan satu paket aplikasi khusus hanya untuk membaca satu jenis arsip/kompresi. Kecuali kita ingin membuat file RAR maka untuk membuka dan mengekstraknya bisa memanfaatkan 7zip untuk semuanya.

Tergantung distronya maka bisa ada sedikit perbedaan dalam nama aplikasinya untuk proses install 7zip, tapi akan saya berikan lengkap kok:

  • Debian/Ubuntu:
    apt-get install p7zip-full p7zip-rar
  • CentOS:
    yum install epel-release
    yum install p7zip p7zip-plugins

Mudah kan? 😀

Mari kita lanjutkan dengan pengenalan cara menggunakan 7zip di Linux. Diawali dengan membaca suatu file yang diarsip:

7z l nama_file.zip

Kemudian mengekstrak isinya:

7z x nama_file.rar

Atau membuat file arsip 7zip baru dan dikompres:

7z a file_asal file_kompresi.7z

Dan sekalian saya menambahkan bahwa ingat saya menggunakan 7z bukan 7za apalagi 7zr karena ketiga aplikasi ini adalah hal yang berbeda, kalau untuk membaca file RAR harus yang 7z saja.

  • 7z – Menggunakan plugin untuk mengolah arsip dan algoritma kompresi yang digunakan. Ini adalah binary yang paling lengkap fiturnya.
  • 7za – Merupakan aplikasi mandiri yang mendukung mayoritas format file terkompresi. Tidak menggunakan plugin.
  • 7zr – Sama, juga mandiri tapi hanya mengenali file 7-zip. Jadi lebih ringan lagi.

Dan kalau anda mengikuti tutorial instalasi 7zip diatas secara persis maka minimal 7z dan 7za akan tersedia.

30 pemikiran pada “Cara install 7zip di Linux”

  1. udh di coba dg cara yang di atas msh blm bisa ke ekstrak mas. klo pke 7z muncul tulisan ini : Error: latest.zip: Can not open file as archive =>(latest.zip isinya wordpress yg mau aku pake utk website)

    • Berarti bukan file ZIP itu mbak. Kalau kerepotan mbak upload lewat SFTP saja. Mencegah file korup atau bermasalah jadinya.

    • Wew… kemungkinan saya salah ingat mbak soal ekstrak ZIP ini. Kalau ga salah hampir semua file terkompresi bisa dibuka dengan perintah tar xvf nama_file atau tar xafv nama_file, otomatis dideteksi menggunakan algoritma apa jadinya. Nanti kalau ingat saya coba lagi.

    • Err… mbak ganti VPS port ini login SSHnya? Antara mbak buat ticket ke support ke provider VPSnya atau lewat Emergency Mode di panel VPSnya (SolusVM).

    • Ini providernya Indonesia mbak? Ya wajar… jarang yang ada support 24 jam dengan tarif setara dengan yang diluar negeri. Karena itu saya beli selalu dari luar. Support itu pas kita butuh dan tidak tersedia rasanya gimana gitu. 🙂

      Tapi mbak, saya sarankan itu pelan – pelan saja belajarnya. Terus terang yang mbak lakukan dalam 1 minggu ini lebih jauh daripada pertama kali saya belajar VPS dalam 6 bulan. Pahami dulu baru dicoba, dan pastikan memang diperlukan.

  2. iya mas rasa ingin tahu saya terlalu over sehingga menyebabkan fatal, tpi ini suatu pembelajaran yang mngkin sangat berharga mas. saya blm ada 1 mggu sewa vps udh buat tiket. saya sewa dri luar negri dg hrg 30$/year

    • Haha… saya terlanjur ngejudge jelek provider Indonesia. 😀 Sempat dikecewakan dulu karena ketidakprofesionalitasnya. Akhirnya eksklusif pakai dari luar negeri. Mungkin kalau ada kebutuhan VPS IIX dan harganya cocok bakal coba lagi. Hehe. 🙂

      Pakai provider apa mbak? Spesifikasinya?

      Sudah coba reset sendiri? Saya pernah membahasnya: https://servernesia.com/1179/akses-ssh-vps-darurat/

      Berharga pastinya mbak, saya juga jadi paham gara – gara sering salah. Tapi jangan beberapa hal berbeda dilakukan bersamaan mbak, nanti bingung troubleshootingnya.

  3. deposit ke dedoho yang mahal mas haru 5 kalinya jd hrus 30$ qu setorkan… “aduh tiket nya bru d jwb

    Hi,

    Could you please let me know your ssh logins.

    I will check it from our end.

    Thank you!

    • Err.. ini DeDoHo sebagai apanya ya mbak? Saya cek itu jasa hosting juga dan jualan saldo PayPal?

      Mbak ini gagal login SSH keluar apa pesan errornya?

  4. dedoho paypalnya mas,… klo vpsnya si di virmach, udh kog mas udh modern tpi mnul tulisan gni This browser need Java plugins to run Java applets

    • Loh… klik yang HTML5 VNC Client mbak. Jangan yang Java, itu errornya karena mbak pilih Java VNC Client dan tidak ada pluginnya di browser.

  5. alhamdulillah mas, sqhu udh bisa login kembali pake port 22,… dg menggunakan tight vnc… suportnya msih blm jawab tiketnya qu close saja…

    ini pengalaman qu mas dan harus di posting di blog skarng juga biar menjadi pelajaran buat qu..

    • Pakai port diatas 1024 sih saran saya, dibawah itu tipenya reserved karena sudah dipakai layanan – layanan network populer seperti HTTP (80), HTTPS (443) dan seterusnya.

      Itu diganti ke port 0608 atau 608 mbak? Saya belum pernah coba diawali angka 0 soalnya. Mengganti portnya persis ini kan: https://servernesia.com/56/mengganti-port-ssh-linux/

      Setelah diganti dan direstart proses sshnya jangan diputus koneksinya mbak, tapi buka sesi SSH baru dengan port yang baru juga. Kalau sudah tersambung berarti aman dan berhasil diubah.

  6. ok mas chandra, terimakasih banyak atas wjanganya, smoga ilmu mas chandra ini bermanfaat utk semua org dunia dan akherat… amiiin… salam dri @intan

    • Hehe 🙂 sama – sama mbak dan terimakasih doanya.

      Memang tujuan saya sharing pengetahuan sampai saat ini dan itupun masih harus banyak belajar kok. 😀 Apalagi kalau dapat pertanyaan – pertanyaan dan belum saya coba malah ikut penasaran.

Tinggalkan komentar