Menghapus direktori di Linux

Kembali ke hal dasar lagi dalam administrasi server Linux. Karena kita menggunakan shell untuk urusan sehari – hari maka harus jago dalam navigasinya. Untuk menghapus file di Linux sudah kita kenal perintah rm dan kalau anda pernah mencoba mengeksekusinya pada sebuah direktori pasti muncul pesan error: rm: cannot remove 'nama_folder/': Is a directory. Wajar kok memang bukan alat yang tepat walaupun bisa dipaksa. 🙂

Nah… ternyata Linux memiliki perintah khusus untuk menghapus direktorinya, yakni rmdir. Cara menggunakannya sendiri sama mudahnya:

rmdir nama_folder

Selesai. Haha. 😀

Tapi kalau folder tersebut ada isinya akan muncul pesan kesalahan lain: rmdir: failed to remove `nama_folder': Directory not empty. Kalau ini bisa diatasi memakai perintah berikut:

rm -rf nama_dir

Harap hati – hati saja dalam menggunakan rm -rf karena bisa membersihkan semua data anda kalau lokasi aktif shell anda tidak tepat.

Tapi saya sarankan untuk menghapus sebuah direktori beserta isinya memakai perintah ini:

rm -ri nama_folder

Kenapa? Karena ini sifatnya interaktif jadi lebih aman karena kita tahu file atau direktori apa yang dihapus. Dan akan meminta konfirmasi kita baru diproses. Tapi kalau filenya banyak bisa repot sekali memang.

Sedangkan apabila anda mengalami pesan error rm: cannot remove `nama_folder': Permission denied artinya anda tidak memiliki hak akses untuk menghapusnya. Mungkin anda lupa menggunakan sudo atau malah perlu user root untuk eksekusinya.

10 pemikiran pada “Menghapus direktori di Linux”

    • Eh sebentar mbak? Ini mau menghapus semua file tapi membiarkan struktur direktorinya?

      Jalankan perintah ini mbak tapi didalam direktori yang dimaksud:

      find . ! -type d -exec rm '{}' \;

      Ini akan menghapus semua file didalam direktori dan membiarkan subdirektorinya.

    • Direktori error lognya apa mas? Linux atau aplikasi tertentu? Bisa disertakan lokasi tepatnya yang mau dihapus? Dan apakah ada pesan errornya?

Tinggalkan komentar