Cara install Maldet

Kalau di Windows antivirus adalah hal wajib untuk melindungi komputer kita dari malware dan virus. Lah kalau di Linux? Paling kita mengamankan koneksi yang masuk memakai firewall. Tapi ada satu hal lagi yang bisa kita lakukan untuk mendeteksi adanya malware atau virus yang ada dalam VPS, baik yang sengaja kita bawa walaupun tidak tahu lewat script yang Nulled, atau yang diserang dari bot memanfaatkan celah keamanan dalam CMSnya. Yak, saya akan mengenalkan Linux Malware Detect atau LMD atau Maldet dalam tutorial kali ini. 🙂

Jadi Maldet adalah software keamanan yang ditujukan untuk lingkungan shared hosting. Misal dalam VestaCP kan satu user bisa memiliki banyak website, kasusnya begitu satu kena maka yang lainnya ikut terinjeksi script malware juga. Saya pernah merasakannya. Haha. 😀 Sungguh pengalaman yang tak terlupakan dalam belajar VPS. 😛

Oke, langsung masuk ke langkah pertamanya ya. Biar rapi kita ganti dulu direktori aktifnya:

cd /usr/local/src

Kemudian kita download LMDnya:

wget http://www.rfxn.com/downloads/maldetect-current.tar.gz

Lanjutkan dengan ekstrak isinya:

tar -xzf maldetect-current.tar.gz

Masuk ke direktori Maldet:

cd maldetect-*

Lakukan proses instalasi:

./install.sh

Kalau saya perhatikan sih isi kode instalasinya mendownload saja file – file yang dibutuhkan dan menyiapkan lingkungan kerja Maldet.

Kalau sudah selesai maka silahkan update programnya (kalau ada):

maldet --update-ver

Dan update database definisinya:

maldet --update

Bagaimana cara menggunakan Maldet? Untuk melakukan proses scan virus/malware pada satu folder bisa memakai perintah ini:

maldet -a /home/nama_user/

Silahkan anda tunggu sampai selesai dan laporannya akan muncul.

Oh ya konfigurasi LMD ada disini: /usr/local/maldetect/conf.maldet dan bisa anda ubah masalah notifikasi, tindakan apa begitu dideteksi adanya malware, apakah menggunakan mesin ClamAV apabila tersedia dalam server yang sama, dan seterusnya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tinggalkan komentar