Mengijinkan user Linux memakai SSH

Tampaknya ini yang terakhir dalam pembahasan user dan group Linux. Tujuan tutorial kali ini adalah soal ijin menggunakan koneksi SSH di Linux. Karena secara default ya memang cuma root yang bisa masuk lewat SSH ke VPSnya dan user lainnya perlu kita konfigurasi baru bisa. Mudah dan cepat kok. 🙂

Mayoritas distro Linux akan menggunakan OpenSSH sebagai software SSH servernya, dan kita tinggal mengedit konfigurasinya:

nano /etc/ssh/sshd_config

Nanti cari atau kalau tidak ketemu tambahkan kode berikut untuk membuat ijin SSH per user:

AllowUsers contoh_user contoh_lainnya

Ya, memang semudah itu kok. 🙂 Jangan lupa gantikan nama contoh pengguna diatas ke kondisi nyatanya ya.

Atau kalau kita memiliki banyak user maka bisa dibuat grup Linux baru dan berikan ijin khusus ke grup tersebut, lebih praktis jadinya:

AllowGroups ssh_users

Sama, kalau tidak ketemu tinggal tambahkan saja.

Kalau sudah maka perlu kita restart service SSHnya:

service sshd restart

atau

/etc/init.d/sshd restart

Tes apakah benar sudah berhasil atau tidak dengan user yang baru ditambahkan tadi, dan kalau sukses maka selain bisa menggunakan SSH nanti scp dan rsync juga dapat dimanfaatkan karena sistem transfer file ini menggunakan protokol SSH juga.

Selesai. 🙂

2 pemikiran pada “Mengijinkan user Linux memakai SSH

  1. Halo Mas Chandra,

    Mau nanya lagi, apakah user yang telah dibuat ini dan bisa pakai ssh dan perintah scp setara kedudukannya dengn user Root ? mohon bimbingannya! apa saja yg tidak bisa dilakukan oleh user yg baru dibuat ini ?

    Makasih,
    Subhan

    • Lain mas Subhan, cuma bisa modifikasi file dan direktori pribadi mereka sendiri dan beberapa lokasi lainnya asalkan ada hak ijinnya. Jadi tidak sebebas root yang bisa melangkahi semuanya. 😀

Tinggalkan komentar