Cara membaca hasil free

Salah satu alasan klasik untuk upgrade VPS adalah memorinya tidak cukup. Memang benar kalau spesifikasi sebuah Virtual Private Server sudah dirasa mendekati batasnya akan lebih baik ditingkatkan untuk menjamin kinerjanya normal atau malah performanya lebih baik. Tapi cukup sering juga ada kesalahpahaman dalam membaca hasil dari perintah free yang akan mendiagnosa penggunaan RAM di Linux. 🙂

Akan saya perlihatkan dulu informasi yang ditampilkan saat ingin melihat berapa memori yang terpakai pada VPS dengan RAM 512MB:

free -m

Saya pakai parameter -m supaya menggunakan satuan MB (Megabyte), defaultnya pakai Byte jadi bisa sampai jutaan angkanya kalau memiliki ukuran memori hingga GB. Supaya lebih mudah mengerti angka yang muncul saja.

Berikut hasilnya:

             total       used       free     shared    buffers     cached
Mem:           494        461         33         37         41        208
-/+ buffers/cache:        210        283
Swap:         1535         74       1461

Kalau anda ambil mentah – mentah maka pada baris Mem akan terlihat yang bebas (kolom free) sebesar 33MB. Dan langsung panik karena ini berarti RAM VPS anda sudah kritis. Ya kan? Disinilah letak salahnya. Hehe. 😀 Saya juga dulu sama kok. Termasuk kesalahan pemula ini. 🙂

Intinya yang harusnya anda lihat ada pada baris -/+ buffers/cache dan tetap pada kolom free, inilah besar memori anda yang tersisa. Ternyata masih ada separuh lebih (283MB) yang bebas dan bisa digunakan di Linux.

Kenapa kok melihat penggunaan memori nyata pada baris kedua? Ini disebabkan cara Linux menghitung memori yang digunakan dan yang tidak. Di Linux bagian memori yang pernah digunakan aplikasi atau sistem operasi tapi sudah tidak digunakan (buffers/cache) itu tetap dianggap terpakai. Tapi bisa langsung diambil alih dan digunakan oleh yang lainnya. Jadi secara prakteknya ya ini bebas.

Semoga menjelaskan dan jangan buru – buru upgrade VPS kalau alasannya adalah RAM yang tidak cukup. Bisa jadi anda salah memahami maksud/arti dari hasil free. 😀

Eh… bagaimana kalau Swap? Ini lain lagi, swap adalah Virtual Memory yang menggunakan Harddisk/SSD apabila memori anda kurang, dan bisa diabaikan untuk pembahasan kali ini.

4 pemikiran pada “Cara membaca hasil free”

  1. di centos 7, baris info -/+ buffers/cache nggak ada, yang muncul seperti ini :

                  total        used        free      shared  buff/cache   available
    Mem:            488          43         131           7         313         415
    Swap:           511           0         511

    asumsi saya mungkin baris available yang harus dilihat, mohon koreksinya mas chandra.

Tinggalkan komentar