Cara update FreeBSD

FreeBSD ini saya kenal saat melihat pilihan sistem operasi pada DigitalOcean. Dan saya cuma tahu ini kalau ini Unix-based seperti Linux, ya masih saudara lah. Karena teman saya gembar-gembor kalau FreeBSD lebih unggul dalam kestabilan dan keamanan dibandingkan Linux maka saya jadi penasaran dan mulai melihat – lihat isinya.

Salah satu kebiasaan saya dalam menggunakan Linux yang masih fresh adalah melakukan update, dan pastinya FreeBSD tidak pakai yum atau apt-get. Nah ini yang bikin saya bingung awalnya. Sepemahaman saya dari baca manual dan tutorial di internet itu ternyata dibedakan (perintahnya) antara update sistem oeprasi dan aplikasi (atau port istilahnya disini).

Yang pasti untuk update FreeBSD sendiri bisa pakai perintah ini:

freebsd-update fetch install

Kalau saya baca maksudnya freebsd-update akan ambil data terbaru (fetch) kemudian pasang pada sistem operasinya (install).

Dan untuk update seluruh aplikasi/port menggunakan ini:

portsnap fetch update

Mirip formatnya dimana portsnap akan mengambil database versi aplikasi terbaru (fetch) dan apabila ada pemutakhiran (update) akan dilakukan.

Sekarang saya masih menjelajahi apa saja yang ditawarkan dalam FreeBSD dan masih sangat awam. Tapi apa yang saya temukan akan didokumentasikan juga sesepele apapun itu, apalagi kalau sampai perlu digoogle. 😀

Tapi mungkin lebih bagus kalau langsung terjun install stack web server ya. 😛

Tinggalkan komentar