Adminer: Kelola database anda dengan mudah dan cepat

Kalau di cPanel ada phpMyAdmin untuk urusan administrasi database MySQL maka saat anda mulai pindah ke VPS biasanya akan sedikit ga nyaman karena harus pakai command line. Bagi yang baru adaptasi dan butuh solusi cepat dan mudah maka bisa menginstall phpMyAdmin atau saran saya pakai Adminer saja karena lebih sederhana.

Bagaimana cara install Adminer? Tinggal copas saja ke direktori public_html atau www dari virtual hosting yang aktif dan kemudian akses dari browser. Cuma 1 file PHP saja, bisa anda download ke komputer kemudian upload manual. Atau pakai cara sysadmin dong. 😉

wget https://www.adminer.org/static/download/4.2.5/adminer-4.2.5-en.php

Disini saya mengunduh versi terbaru Adminer saat ini (4.2.5), kedepannya pasti ada update dan bisa anda cek langsung pada sumbernya: https://www.adminer.org/en/#download
adminer-select-table
Cara menggunakannya tidak ada yang sulit juga, tinggal anda login saja menggunakan username dan password databasenya. Sisanya tinggal klik – klik saja dan untuk mengubah datanya klik Edit.

Kerennya lagi Adminer ini mendukung banyak jenis database: MySQL, PostgreSQL, SQLite, MS SQL, Oracle, Firebird, SimpleDB, Elasticsearch dan MongoDB. Kesimpulannya satu solusi pengelola database serba bisa hanya dalam 1 file. 😀 Dulu saya gunakan sebagai alternatif phpMyAdmin dan sekarang malah jadi pilihan utama saya. 🙂

Catatan, saya sangat menganjurkan agar anda merename nama filenya agar tidak mudah ditebak orang iseng. Juga akan lebih baik dan aman apabila anda menghapusnya setelah digunakan.

6 pemikiran pada “Adminer: Kelola database anda dengan mudah dan cepat”

  1. Selain Adminer, saya pakai SQLBuddy, lebih complex tapi pakainya juga gampang, tinggal wget-unzip aja.
    Karena didalam satu folder, bisa ditambahkan http-security juga.
    Alternatif yg lebih ringan daripada harus install phpmyadmin

    • Lah…. saya baru tahu SQL Buddy, satu konsep sama gampangnya ya. Alasan saya juga menghindari phpMyAdmin karena ribetnya. Trims tipsnya mas Sammy.

  2. mulai beralih dari phpmyadmin ke phpMiniAdmin, suka dengan tampilannya yang simpel semua fitur yang saya butuhkan di phpmyadmin ada disini apa lagi ada fitur password untuk akses file phpnya mirip dengan htpasswd.py dan 🙂 dan saya lihat developernya masih tetap aktif sama dengan adminer.
    btw selama ini nggak pernah install langsung phpmyadmin, cukup wget versi portablenya.

    • Dan ketambahan lagi satu referensinya, saya kurang update nih. Dan phpMiniAdmin ini malah lebih jos kecilnya, cuma 30KB. Istimewa nih.

      Trims mbak Shafira. 🙂

Tinggalkan komentar