Melihat riwayat perintah di Linux

Karena dalam mengelola server Linux kita sering berurusan dengan command line, dimana pasti kita akan mengetikkan perintah – perintah untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Kadang karena spontan jadinya langsung dieksekusi saja dan misal berhasil tidak heran kalau lupa apa perintah juga parameternya. Tahukah anda kalau setiap perintah yang kita jalankan akan dicatat di Linux?

Karena seluruhnya dilog maka tentu saja ada caranya untuk melihat riwayatnya. Paling mudah adalah pada sesi user aktif yang anda ingin ketahui apa saja aktivitasnya maka jalankan perintah berikut:

history

Tapi ada cara manualnya juga dengan membaca file lognya dan ini disimpan dalam direktori home user masing – masing.

less /home/nama_user/.bash_history

Rata – rata admin akan menggunakan root dan ini beda sedikit prosedurnya tapi sama mudahnya.

less /root/.bash_history

Cuma beda lokasi saja.

Menelusuri napak tilas perintah shell bisa digunakan untuk audit keamanan juga, dari sini kita bisa mengetahui apakah ada perintah yang kita rasa tidak pernah dijalankan sendiri.

2 pemikiran pada “Melihat riwayat perintah di Linux

  1. saya coba eksekusi perintah history, ternyata perintah dari pertama buat vps masih disimpan, trims mas chandra infonya, berguna sekali karena kadang saya lupa perintah saya sebelumnya :p

    • Ahaha… 😀 tujuan saya bahas memang itu mbak. Saya sendiri suka lupa ngetik apa. Sedangkan pakai tombol panah atas capek jarinya. Kadang mantra – mantra yang dipakai terlalu rumit, untungnya dicatat lengkap.

Tinggalkan komentar