Cara resample DPI menggunakan ImageMagick

Tutorial kali ini tidak ada hubungannya dengan setting server dan sedikit berhubungan dengan Linux. Kemarin malam teman saya minta bantuan untuk mencarikan program atau solusi untuk membuat foto barang dagangannya menjadi 300 DPI (Dot Per Inch). Buat diupload ke online shop katanya. Asli saya ngeblank karena bukan orang yang terlibat dalam desain. Tapi dalam hati yakin pasti bisa dengan ImageMagick. 😛

Ya inspirasinya dari sana tapi teman saya butuh solusinya di Windows, jadi yang saya tulis disini dibuat referensi saja kalau anda siap terjun pakai command line. 😀 Yang pasti syaratnya tentu ImageMagick sudah terinstall ya.

Langsung saja pada gambar yang ingin anda resample DPInya:

convert -units PixelsPerInch gambar_asal.jpg -density 300 gambar_hasil.jpg

Atau bisa pakai ini juga tampaknya:

convert -units PixelsPerInch gambar_asal.jpg -resample 300 gambar_hasil.jpg

Yang diatas pakai convert, alternatifnya ada mogrify:

 mogrify -density 300x300 gambar_asal.jpg

Ukuran DPInya sama semua: 300, dan bisa diganti kalau mau. Kedua perintah yang digunakan merupakan alat yang ada dalam ImageMagick.

Catatan saja, saya bukan ahli soal grafis dan spesifikasi gambar. Jadi agak bingung juga korelasi antara resolusi (ukuran gambar?) dengan DPI, soalnya dari hasil perintah diatas resolusi gambarnya tetap (4241 x 3181) tapi DPInya benar berubah (300 x 300). Sedangkan file sumbernya memiliki DPI 72 x 72, jadi sukses ditingkatkan.

Saya hanya mencoba parameter yang ada dan langsung diuji oleh teman hasil gambarnya. Tidak ada masalah.

2 pemikiran pada “Cara resample DPI menggunakan ImageMagick

Tinggalkan komentar