Hukum alamnya pakai VPS akan lebih bagus performanya dibandingkan shared hosting. Ralat, tidak mesti sih tapi lebih sulit menemukan provider web hosting yang bagus performanya dibandingkan mensetting server sendiri karena resourcenya lebih bebas dimaksimalkan penggunaannya. 😀 Untuk benchmark VPS ada caranya dan tentu saja untuk mengetahui performa web server yang dipasang apakah sudah bagus sesuai target ada juga solusinya.

Berikut ini adalah beberapa layanan load testing/stress test/performance test atau apalah istilahnya untuk benchmark website anda bagaimana nasibnya kalau dihajar banyak user dalam waktu bersamaan.

loadstorm-pro

Tentunya semuanya simulasi saja trafiknya tapi bisa dijadikan gambaran apakah tetap tegak berdiri melayani banyak pengunjung atau bertekuk lutut karena beban kerjanya terlalu berat. Dari sini kita bisa menyimpulkan apakah mengoptimalkan stack yang ada atau sudah saatnya upgrade.

  • Load Impact: https://loadimpact.com/
    Dengan batasan 25 user dalam satu waktu (meningkat bertahap) kita bisa lihat bagaimana respon servernya dalam grafis apakah tetap stabil atau menjadi lebih buruk. Apabila mendaftar jumlah usernya bisa kita tambah, maksimal 100 kalau tidak salah.
  • LoadStorm: http://loadstorm.com/
    Ini usernya cuma 10 untuk tes gratisnya. Bisa digunakan untuk melengkapi hasil load tester lainnya.
  • Loader.io: http://loader.io/
    Paket gratisnya yang paling besar concurrent usernya (hingga 10000) tapi cuma dieksekusi 1 menit. Ini jumlah yang sangat besar.

Saya batasi dan bicarakan yang ada versi gratisnya karena sebenarnya sudahlah cukup untuk kebutuhan mayoritas. Ini karena layanan cukup mahal biayanya untuk yang berbayar, kecuali anda ingin tahu dengan lebih spesifik lagi sampai mana batasnya.

Batasan jumlah UV ini juga karena target marketnya adalah kalangan profesional, efek sampingnya cukup berat ke server dan bisa dianggap DDoS kalau salah. Karena itu jangan diarahkan ke website yang bukan anda miliki atau kelola agar tidak merugikan orang lain.

Tambahan juga, kalau situsnya ada dibalik CloudFlare, Incapsula, Sucuri atau web proxy lainnya bisa langsung ditolak tugasnya karena tidak mencerminkan performa server sebenarnya.

Dan kalau ingin menguji sendiri dari VPS maka ada Apache Bench, tidak ada batasan dari segi fitur kalau ini karena memang aplikasi gratis.