Menguji performa maksimal web server

Hukum alamnya pakai VPS akan lebih bagus performanya dibandingkan shared hosting. Ralat, tidak mesti sih tapi lebih sulit menemukan provider web hosting yang bagus performanya dibandingkan mensetting server sendiri karena resourcenya lebih bebas dimaksimalkan penggunaannya. 😀 Untuk benchmark VPS ada caranya dan tentu saja untuk mengetahui performa web server yang dipasang apakah sudah bagus sesuai target ada juga solusinya.

Berikut ini adalah beberapa layanan load testing/stress test/performance test atau apalah istilahnya untuk benchmark website anda bagaimana nasibnya kalau dihajar banyak user dalam waktu bersamaan.

loadstorm-pro

Tentunya semuanya simulasi saja trafiknya tapi bisa dijadikan gambaran apakah tetap tegak berdiri melayani banyak pengunjung atau bertekuk lutut karena beban kerjanya terlalu berat. Dari sini kita bisa menyimpulkan apakah mengoptimalkan stack yang ada atau sudah saatnya upgrade.

  • Load Impact: https://loadimpact.com/
    Dengan batasan 25 user dalam satu waktu (meningkat bertahap) kita bisa lihat bagaimana respon servernya dalam grafis apakah tetap stabil atau menjadi lebih buruk. Apabila mendaftar jumlah usernya bisa kita tambah, maksimal 100 kalau tidak salah.
  • LoadStorm: http://loadstorm.com/
    Ini usernya cuma 10 untuk tes gratisnya. Bisa digunakan untuk melengkapi hasil load tester lainnya.
  • Loader.io: http://loader.io/
    Paket gratisnya yang paling besar concurrent usernya (hingga 10000) tapi cuma dieksekusi 1 menit. Ini jumlah yang sangat besar.

Saya batasi dan bicarakan yang ada versi gratisnya karena sebenarnya sudahlah cukup untuk kebutuhan mayoritas. Ini karena layanan cukup mahal biayanya untuk yang berbayar, kecuali anda ingin tahu dengan lebih spesifik lagi sampai mana batasnya.

Batasan jumlah UV ini juga karena target marketnya adalah kalangan profesional, efek sampingnya cukup berat ke server dan bisa dianggap DDoS kalau salah. Karena itu jangan diarahkan ke website yang bukan anda miliki atau kelola agar tidak merugikan orang lain.

Tambahan juga, kalau situsnya ada dibalik CloudFlare, Incapsula, Sucuri atau web proxy lainnya bisa langsung ditolak tugasnya karena tidak mencerminkan performa server sebenarnya.

Dan kalau ingin menguji sendiri dari VPS maka ada Apache Bench, tidak ada batasan dari segi fitur kalau ini karena memang aplikasi gratis.

13 pemikiran pada “Menguji performa maksimal web server

  1. Mas Chandra klo misal lagi pake putty ngistall apt-get install xxx terus internet putus masih jalan gak ya di vps nya..? atau hrus di ulangi lagi

    • Mati mbak proses yang dieksekusi pada sesi SSH yang sebelumnya aktif tersebut. Tidak langsung tapi tidak lama juga akan berhenti. Ya harus diulangi lagi.

  2. Maaf OOT. mas, di virmach ada special offer lagi.. yg paket KVM katanya support windows, apa itu artinya nanti saya bisa install windows?

    trus kalau server amerika, yang paling cepat di akses dari indonesia server negara bagaian mana? terima kasih

      • Wah sial betul deh saya,,, kirain ada pilihan reinstall to windows. jadi harus punya license sendiri baru kita request ya. Sayangnya udah terlanjur beli 🙁 $21 setahun. Kalau cancel request apa dibalikin dananya? soalnya belum 24 jam.

        oo LA ya..saya masih pakai RDP windows server LA. Sayangnya sering ngadat dan ga se-smooth RDP yg server di france & netherland.

        dan terima kasih banyak mas infonya

      • Selama ini pakai provider mana mas kok asumsinya begitu? Saya yang penasaran sekarang. 🙂

        Dicoba saja mas request refund dulu, biasanya masih boleh.

      • Alhamdulillah, Rupanya ada email balasan tiket sudah sudah mereka install kan Windows server 2012. LUAR BIASA! RDP windows termurah yang pernah ada. $21 untuk setahun.

        sekarang lagi pakai indihome gan, sebelumnya sempat juga three. mas Chandra pakai isp apa?

      • Eh berarti saya yang salah ya mas. Biasanya kalau yang murah – murah ga include lisensi Windowsnya. Kalau benar dapat ya juara memang VirMach ini.

        Oh tadi saya tanya aslinya sebelumnya pakai provider VPS apa. 🙂 Tapi saya pakai MyRepublic ISPnya.

      • Ga nyangka terlalu baik si virmach ini.. beneran dikasih windows hehe >.< tapi tetap was was juga karena ini punya special-offer.

        oo hahaha rupanya provider servernya. yg RDP di LA saya beli dari virmach juga..punya regulernya seharga $7/month. untuk yg france/netherland di snthosting.com.

        Ternyata yg di bufallo sama2 ngadat juga.. kayanya untuk rdp windows kurang cocok punya amerika ya.

        oya, saya juga beli RDP yg ternyata isp nya myrepublic, entah bagaimana penjualnya setting server & koneksinya soalya ip nya statis. mungkin mas ada ilmunya kesitu. hehe

  3. Mas Ini Aku yg kmarin order bru di acc gimana pendapat mas chandra

    Location                Provider        Speed
    CDN                     Cachefly        65.4MB/s
    
    Atlanta, GA, US         Coloat          12.4MB/s
    Dallas, TX, US          Softlayer       18.9MB/s
    Seattle, WA, US         Softlayer       19.6MB/s
    San Jose, CA, US        Softlayer       37.1MB/s
    Washington, DC, US      Softlayer       3.96MB/s
    
    Tokyo, Japan            Linode          5.72MB/s
    Singapore               Softlayer       3.72MB/s
    
    Rotterdam, Netherlands  id3.net         3.64MB/s
    Haarlem, Netherlands    Leaseweb        9.87MB/s

Tinggalkan komentar