Saya lupa dapat pertanyaan darimana (email rasanya) yang tanya soal apakah Let’s Encrypt bisa dipakai bersamaan dengan CloudFlare. Rata – rata sudah tahu kalau SSL gratis milik CloudFlare itu bisa dipasangkan pada website yang sudah aktif HTTPSnya, istilahnya Full atau Strict tergantung anda mau seaman apa komunikasi antara server hosting dengan CloudFlare.

Jadi, kesimpulannya bagaimana? Ternyata bisa. Saya sendiri baru tahu sekarang karena tahun lalu pernah cari informasi dan belum ada cara mudahnya. Mungkin karena sekarang sudah stabil jadi dukungannya semakin bagus dan lengkap.

Caranya? Tinggal anda aktifkan LE dan kemudian CF SSL tapi yang Full. Juga gunakan metode verifikasi webroot atau DNS, karena defaultnya akan dicek berdasarkan alamat IP servernya dan ini jelas tidak cocok karena server Let’s Encrypt akan membaca alamat IP CloudFlare. Atau bisa diakali dengan mematikan CF sementara untuk websitenya saat proses verifikasi, oranye jadikan abu – abu.

Ternyata lebih mudah dari yang saya bayangkan. 😀 Bisa deh dapat CDN dan proteksi CloudFlare untuk situs yang dienkripsi pakai Let’s Encrypt. 🙂