Bagaimana kalau downgrade versi Linux?

Saya pernah membahas soal upgrade versi/rilis Linux untuk Debian 8 dan CentOS 7. Karena ini bukan cuma update versi dengan rilis yang sama (misal CentOS 6.5. ke 6.7) maka sebelum melakukannya harap bersabar dulu. Walau mayoritas tidak bermasalah dan bisa digunakan secara normal setelah proses upgrade, tapi karena kebetulan rilis terbaru kedua distro tersebut mengganti SysV dengan systemd jadinya tetap ada resiko tidak kompatibel dengan beberapa paket aplikasi.

Nah pertanyaan dari mas Imunk ini membuat saya berpikir:

gan mau tanya kalo dirubahnya sebaliknya gimana? dari debian 8 ke debian 7…. soalnya ada plugin yang tidak supot dengan debian 8 seperti ByRev wp-picshield…

atau kalo boleh kasih pencerahanya donk gan… agar plugin ByRev wp-picshield bisa aktiv di debian 8… soalnya web ane jenis wallpaper… jadi kalo gk pake plugin tersebut ngerasa rugi hehehe..

terimakasih sebelumnya

Karena memang saya belum pernah melakukannya dan tampaknya bukan hal yang jelas juga caranya.

Ternyata setelah saya baca – baca dokumentasinya benar saja, tidak ada dukungan resmi untuk downgrade di distro yang umum (Debian, Ubuntu, CentOS) untuk VPS. Hanya ada upgrade. Jadi bisa dikatakan tidak ada solusi yang mudah melakukannya dan kalau asal mengikuti tutorial ya resiko ditanggung penumpang.

Secara teori (saya belum sempat praktek) untuk Debian 8 ke 7 mungkin bisa seperti ini:

nano /etc/apt/sources.list

Ganti isinya dengan ini:

deb http://ftp.us.debian.org/debian/ wheezy main
deb-src http://ftp.us.debian.org/debian/ wheezy main

deb http://security.debian.org/ wheezy/updates main
deb-src http://security.debian.org/ wheezy/updates main

# wheezy-updates, previously known as 'volatile'
deb http://ftp.us.debian.org/debian/ wheezy-updates main
deb-src http://ftp.us.debian.org/debian/ wheezy-updates main

Kemudian edit:

nano /etc/apt/preferences

Isikan dengan ini:

Package: *
Pin: release a=wheezy
Pin-Priority: 1001

Akhirnya lakukan updowngrade:

apt-get dist-upgrade

Semoga bisa jadi downgrade. Ini bukan masalah versi paketnya turun juga, tapi script – script dari sistem operasinya itu tidak disiapkan untuk downgrade. Kesimpulannya secara pribadi saya tidak menyarankannya dan lebih baik kalau butuh versi lama lakukan backup dan install versi dari distro Linux yang diinginkan.

Sekali lagi saya tekankan, tidak ada garansi kalau cara diatas berhasil dan apakah pasti bekerja normal. Do with your own risk.

2 pemikiran pada “Bagaimana kalau downgrade versi Linux?

    • Plugin WordPress yang dibicarakan mas? Saya belum pernah pakai makanya tidak tahu. 😀 Mungkin tinggal dipasangkan saja versi PHP berapa yang diminta dan dikunci versinya supaya tidak diupgrade atau memakai yang terbaru.

Tinggalkan komentar