Solusi Fatal error: Allowed memory size of 33554432 bytes exhausted

Proses update di WordPress kadang bikin deg – degan, ada saja masalahnya baik di CMSnya sendiri, tema, atau malah pluginnya. Seperti yang terjadi di blog milik teman yang muncul pesan error seperti berikut:
Fatal error: Allowed memory size of 33554432 bytes exhausted (tried to allocate 19456 bytes) in /home/servernesia/public_html/wp-includes/functions.php on line 547

Ini munculnya di Webuzo dan kalau diartikan PHP kehabisan memori sehingga prosesnya gagal dijalankan. Padahal ini menggunakan VPS dengan RAM cukup lega, ukurannya 1GB. Jadi masih mampu kalau ditingkatkan lagi.

Solusinya? Paling mudah adalah dengan mengubah batas RAM yang boleh dipakai proses PHP dalam file php.ini, lokasinya tergantung setting server anda. Untuk mengeditnya lebih baik lewat control panel kalau bisa, jika tidak ya anda harus mengakses server tersebut. Nanti dalam konfigurasi PHP akan menemukan opsi berikut:

memory_limit = 128M

Nilainya bisa berbeda, tapi silahkan anda ganti lebih tinggi. Disini saya mengubah dari asalnya 32MB menjadi 128MB.

Semisal anda menggunakan shared hosting maka alternatifnya anda bisa menggunakan metode file .htaccess, tambahkan kode berikut:

php_value memory_limit 64M

Kalau disini yang menginstruksikan agar PHP diberi kuota memori sebesar 64MB. Silahkan modifikasi sesukanya tapi belum tentu web hosting anda memperbolehkannya lho kalau terlalu tinggi.

Tinggalkan komentar