Merampingkan Debian

Umumnya VPS Provider akan menyediakan beberapa template sistem operasi Linux populer berbagai versi dan edisi. Tapi tidak semuanya akan menawarkan secara lengkap terutama untuk jenis minimal. Pada server yang memiliki spesifikasi RAM kecil – dibawah 512MB – setiap Megabyte adalah sangat berharga dan berpengaruh langsung terhadap performanya. Karena itulah template OS yang minimal alias tidak ada paket program yang tidak dibutuhkan jadi pilihan utama saya, jadi sudah hemat resource nantinya.

Bagaimana kalau tidak ada versi minimalnya? Ya kita terpaksa merampingkan template standarnya dengan mematikan proses dan menghapus paket – paket yang telah terinstall. Pilihan saya sering ke Debian 7 untuk ini, dan berikut adalah kode yang saya jalankan untuk mengurangi hal – hal yang belum tentu diperlukan:

apt-get purge apache* samba* bind9* sasl* sendmail* exim* nscd* ntp

Perintah diatas akan menghapus Apache, Samba, Bind9 dan seterusnya karena memang mereka secara default sudah ada dan aktif. Kalau anda memerlukan salah satunya ya tinggal install saja lagi. 🙂 Tapi kita setidaknya memulai prosesnya tanpa khawatir konflik dengan yang sudah ada.

Lanjutkan dengan membersihkan paket .deb dari cache dengan mengeksekusi perintah ini:

apt-get clean

Kemudian silahkan menghapus dependensi yang sudah tidak terpakai karena telah anda bersihkan paket – paket programnya:

apt-get autoremove --purge

Terakhir restart VPS Debian anda:

shutdown -r

Apa hasilnya? Walau nanti ukuran servernya tidak sampai sekecil Debian minimal (sekitar 300MB-an) saat saya ujicoba biasanya antara 500-600MB dan penggunaan RAM berkisar 6-10MB saja. Lumayan lah. 😀

Sebenarnya saya jadi penasaran apa saja yang dihilangkan untuk menjadi edisi minimal, kalau secara RAM memang sudah bisa sebanding tapi secara disk space masih kalah. Sempat terpikir untuk mencoba dari jenis Net Install yang juga minimal tapi kalau di penyedia VPS tidak pernah saya melihatnya.

Tinggalkan komentar