Troubleshooting

Mengatasi Konten lebih lebar dari layar pada WordPress

Sebenarnya saya walau selalu mendaftarkan website pada Google Search Console tapi tidak bisa dikatakan optimal penggunaannya. :v

Utamanya cuma saya manfaatkan untuk memantau kata-kata dari mesin pencari. Setelah itu ya set and forget. Tapi akhirnya saya sudah ga males lagi ngurusinnya, dan ingin saya betulkan satu per satu masalah yang dinotifikasikan dari Google.

Salah satunya adalah pesan kesalahan dengan judul Content wider than screen atau Konten lebih lebar dari layar. Harusnya kalau situs kita responsif, dan tampaknya semua tema WordPress sudah pasti bisa sekarang, tidak seharusnya terjadi. Jadi masalahnya dimana?

Setelah saya telaah laporan Google Search Console, solusi yang berhasil untuk saya pribadi adalah mengijinkan bot Google mengindeks konten-konten yang diblokir. Pakai robots.txt sudah cukup, adaptasikan saja dari contoh berikut.

User-agent: *
Allow: /wp-content/uploads/
Allow: /wp-content/themes/

User-agent:Googlebot-Mobile
Allow: /wp-content/uploads/
Allow: /wp-content/themes/

Yang saya pahami, kesalahan ini terjadi walau konten/tema WordPress kita responsif tapi file-file pendukungnya secara sengaja/tidak sengaja tidak bisa diakses oleh botnya. Otomatis tampilan yang berhasil diindeks kurang ideal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *