CMS | Panduan

Mengurangi ukuran wp_options

Pernah melihat ukuran tabel wp_options pada situs WordPress anda? Tidak? Saya sendiri juga sama. Hehe.. 😀 Tapi saat ini saya perhatikan karena ada proses backup database yang gagal, dan saya cek ukuran databasenya mencapai 528MB!

Ya jelas kaget, dan karena ini tabel wp_options bakal sulit memahami isinya. Coba saja diperiksa sendiri. Karena semua tema dan plugin WordPress seringkali menambahkan settingnya disini, dan tidak dibersihkan. Saya cek isinya bisa mencapai 500 ribu baris lebih.

Catatan, saya tidak menjamin cara ini bekerja untuk anda yang mengalami masalah serupa. Karena isi tabelnya sendiri ratusan ribu, jelas berat kalau mau cek isinya dan tidak tahu apa yang dicari.

Akhirnya saya langsung pakai solusi optimasi/perbaikan MySQL. Tapi bisa dicoba setelah anda melakukan backup databasenya. Do With Your Own Risk.

Langsung saja, eksekusi perintah berikut:

mysqlcheck -p -o nama_database wp_options
Enter password:
nama_database.wp_options
note     : Table does not support optimize, doing recreate + analyze instead
status   : OK

Nanti akan diminta mengisikan password root dari database MySQL/MariaDB.

Hasilnya, dari 528MB langsung menciut berkurang menjadi 112MB. Sampai sekarang blog dan situs WooCommercenya masih tampak normal. Sekali lagi, backup dulu sebelum eksekusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *