Mengetahui lokasi anda sekarang di Linux

Kembali saya membahas dasar – dasar perintah Linux dan kali ini difokuskan mengenai navigasi dalam terminal/shell. Karena tampilannya hanyalah menggunakan teks dan warna background hitam jadi kadang bisa lupa sekarang kita sedang mengakses direktori mana. Hal ini berpengaruh pada efek dari kode yang kita eksekusi. Sakit rasanya kalau kita menghapus seluruh file memakai rm -rf tapi ternyata di direktori yang berbeda. 🙁 Ya saya pernah melakukannya, dan tidak ada backup. Sungguh pelajaran yang berharga.

Sebenarnya dari prompt terminal akan diperlihatkan nama direktorinya, tapi cuma satu saja dan tidak bertingkat. Kita mana tahu ini direktori public_html yang mana kalau tidak membaca isi file yang ada didalamnya. Apalagi kalau buru – buru.

[[email protected] public_html]

Maksud saya diatas kalau anda bingung, bisa anda perhatikan sendiri saat mengakses VPS memakai SSH di sebelah kiri. Selain nama user, nama host pasti akan diikutkan lokasi aktifnya sekarang.

Nah… bagaimana caranya kalau kita ingin tahu lokasi saat ini? Tenang, cukup ketikkan satu perintah saja:

pwd

Perintah ini maksudnya Print Working Directory atau cetak alamat/lokasi tempat kita (shellnya) bekerja sekarang.

Hasilnya akan muncul balasan seperti berikut:

/usr/local/lsws/servernesia/public_html

Ya sekarang anda tidak perlu ragu – ragu kalau mau tahu aman tidak perintah yang akan dijalankan, tinggal cek saja aktif dimana shellnya menggunakan pwd.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tinggalkan komentar