Cara cepat membuat file teks di Linux

Tips kali ini berhubungan dengan membuat file teks di Linux, kalau di Windows sudah terbiasa dengan klik kanan dan pilih New Text maka di sistem operasi pinguin ini harus dirubah sedikit kebiasaannya. Dan yang pasti karena ini Linux banyak jalan menuju Roma. 🙂

Aslinya saya menuliskan ini juga sebagai dokumentasi karena kemarin pas setting pagespeed module di Nginx sempat terhenti sebentar karena saya lupa caranya membuat file baru. Haha. 😀 Terbiasa mengedit file konfigurasi yang sudah diiikutkan secara default saat install aplikasi, tapi kalau dicompile dari source bisa jadi tidak ada.

Pertama adalah membuat direction (simbol >) input kosong ke nama file, ini kalau filenya tidak ada akan otomatis dibuatkan:

> namafile.txt

Kedua adalah memanfaatkan perintah touch disusul nama file teksnya, sama mudahnya:

touch namafile.conf

Sebenarnya perintah ini biasa digunakan untuk memperbarui informasi waktu (timestamp) pada file atau direktori.

Ketiga, dan merupakan cara favoritnya saya adalah menggunakan text editor nano karena sekalian kita masuk dalam mode edit tulisan:

nano namafile.ini

Jadi kita bisa langsung copy-paste konfigurasi kedalamnya. Pakai Vim juga bisa sih, satu konsep kok.

Semoga bermanfaat. 🙂

2 pemikiran pada “Cara cepat membuat file teks di Linux

  1. apa sama dengan perintah vi namafile.txt mas? saya biasa pakai itu karna otomatis file baru dibuat setekah itu tinggal tekan tombol i untuk masukkan konfigurasi 🙂

Tinggalkan komentar