Antara VestaCP, WordPress dan halaman putih saat posting baru

Yak, saya dibangunkan dini hari karena website salah satu klien agak bermasalah. Haha. 😀 Kali ini kasusnya ada di VestaCP dan WordPress. Bagi yang pernah menerima telepon klien yang sedang bingung kadang tidak nyambung karena perbedaan pemahaman teknisnya, cuma ada informasi kalau situsnya rusak itu yang saya dengar. Atau saya masih ngantuk tadi, ya tampaknya masih ingin melanjutkan tidur apa daya tanggung jawab memanggil.

Kasusnya : Menambahkan posting baru atau melihat preview (pratampil) malah muncul halaman kosong (blank)/putih. Jadi kasus ini sebenarnya sudah dilaporkan sejak beberapa minggu lalu dan karena tidak bisa direproduksi masalahnya di komputer saya jadi sementara diabaikan. Apalagi ini terjadinya sporadis, tidak selalu muncul. Jadi sebelumnya dianggap fitur pratampil saat membuat posting baru yang rusak. Kemudian lusa kemarin akhirnya menular ke saat mengakses pembuatan postingnya yang muncul halaman putih. Di WordPress (atau PHP mestinya) memiliki istilah: White Screen of Death.

Katanya sih bisa karena kehabisan memori, itu kalau shared hosting biasa. Tapi ini VestaCP yang terinstall di VPS dengan RAM 1GB dan baru terpakai rata – rata 300MBan. Cukup ganjil jadinya. Tapi masih ada yang lebih aneh, di browser (Mozilla Firefox dan Google) laptop saya tidak ada masalah. Tapi di komputer klien – diberi screenshot dan saya remote memakai TeamViewer – error seperti laporannya. Addon dan plugin sudah saya matikan semua untuk menentukan spesifiknya. Karena itu ikut bingung juga, dan akhirnya saya cek lewat browser Chrome Android di handphone saya benar memang bermasalah. Malah muncul 500 Internal Server Error. Wah… jelas dari VestaCP kalau ini. Setidaknya ada titik cerah lah.
wordpress server error dilihat dari chrome android

Langkah selanjutnya adalah mengecek situs – situs WordPress lain dalam satu server, dan normal saat diujicoba. Ini sudah dipastikan dari komputer klien. Nah lho… jelas masalahnya khusus situs klien ini saja, entah dari setting WordPress atau hostingnya. Ya saya nonaktifkan dulu semua plugin dan kembalikan tema WordPress ke semula. Ya kok masih error. Haha. 😀

Setidaknya jelas masalah ada di VestaCP. Yang saya lakukan pertama adalah membandingkan konfigurasi paket hosting dari yang bermasalah dan yang normal. Ternyata memang ada yang lain dan ini adalah solusinya: saya mengubah Web Template (Apache2) dari hosting ke default dan Proxy Template (Nginx) dari caching ke default.
vestacp web template proxy template configuration

Tampaknya dulu saya bereksperimen mencoba – coba mengoptimalkan kecepatan akses situsnya dan terlupa mengembalikan ke semula settingnya. Kenapa dua opsi diatas malah menjadi masalah dengan WordPress? Saat ini kurang tahu juga, akan saya coba mencari penyebabnya secara teknis kalau sudah benar – benar bangun. Yang penting berhasil diperbaiki dulu sekarang. Haha. 😀

Kesimpulannya? Cara mengatasi cuma 1 paragraf dan ceritanya 4 paragraf, ngelantur kalau kurang tidur. Saya beri gambar biar ga jenuh bacanya 😛 Harap maklum dan semoga bermanfaat. 🙂

4 pemikiran pada “Antara VestaCP, WordPress dan halaman putih saat posting baru”

  1. btw mo nanya nih ini mas chandra utk vestacp, saya sering dapet error “Internal Server Error” menggunakan vesta cp nginx proxy.
    nah itu permasalahannya dengan script PHP terkadang keluar error itu akan tetapi dengan menggunakan nginx proxy utk wordpressnya sepertinya lancar, apa memang bermasalah yah nginx proxy? ribet sendiri mo install2
    make apache doang lancar buat baca httaccess tapi keknya server gak bener kwkw sering roller coster :v, make nginx ribet utk httacces readnya hadeh –” tapi bener2 enak buat server stabil, make nginx proxy bermasalah T_T kira2 apanya?

    btw sekarang default install utk install vesta cp utk PHP nya PHP 7.0.13 dan utk nginxnya udah versi nginx version: nginx/1.11.9
    jadi sudah beda dengan yang dulu :3

    • Saya lebih suka pakai Nginx murni mas, mengurangi faktor penyebab kalau ada masalah. 😀

      Oh ya mas? Wah… nekat sekali langsung 7.0, belum tentu scriptnya kompatibel.

      • itu default install daripada vestacp itu sendiri mas :v, saya sendiri kaget dulu kalo gak salah sih PHP 5.4, kemaren itu saya coba install dan ternyata udah 7.0.13 #shock mas hehe.
        mangkane itu ribet amat nih vesta CP mending LEMP atau EE dah kwkwwk #pusing sendiri.

      • Oalah… ya nanti saya coba. Agak keder habis diserang malware dulu pakai ini. 😀 Tapi memang dimanjakan sih, gampang pakainya.

Tinggalkan komentar