Daftar script auto-installer web server

Untuk membuat web hosting sendiri kita bisa menggunakan control panel gratis atau bisa juga dengan cara manual instalasi semuanya dari repository. Kalau control panel sangat memudahkan karena tinggal install dan setting – settingnya lewat administrasi web maka lain lagi kalau menginstall semuanya dari nol karena kita harus menghubungkan masing – masing komponen agar (misal: Apache, PHP, dan MySQL) bisa berfungsi.

Nah… ada titik tengahnya dimana semua software yang dibutuhkan akan diinstall otomatis dan untuk konfigurasinya masih lewat terminal. Keunggulannya? Performanya lebih baik karena tidak diikutkan peralatan yang memberatkan server seperti panel web, phpMyAdmin, webmail dan sebagainya.

  1. Centminmod: https://centminmod.com/
    Ini auto-installer favorit saya, yang diinstall nanti adalah Nginx, PHP-FPM, MariaDB. Untuk menambahkan virtual host tinggal eksekusi lagi perintahnya. Cuma bisa dijalankan di CentOS.
  2. EasyEngine: https://rtcamp.com/easyengine/
    Sebenarnya ini juga sama – sama Nginx tapi kerennya ada fitur untuk mencoba HHVM. Pembuatnya memfokuskan untuk hosting situs WordPress. Distro utamanya adalah Ubuntu.

Ya, sementara memang cuma segini saja karena percobaan saya juga sampai disini. Yang pasti fitur yang saya bicarakan masih secuil dari kemampuan penuhnya. Masih aktif digunakan semuanya dan berjalan lancar walaupun pengunjungnya belasan ribu per hari. Oh ya saya anjurkan agar RAM VPSnya minimal 512MB.

4 pemikiran pada “Daftar script auto-installer web server

    • Soalnya Centminmod dicompile dari source code sih mbak, jadi bisa lama sekali. Untung sejak versi keberapanya gitu sudah ada fitur unattended jadi tinggal eksekusi dan biarkan sampai selesai. Nanti konfigurasi beberapa softwarenya sudah dibuat otomatis, seperti password MariaDB. Kalau dulu waktu pertama kali mencoba harus dipantau layar instalasinya, kadang ada pesan muncul menunggu input kita mengisikan konfigurasinya.

      Dulu pernah tahu VPSSIM tapi lupa. Haha. 😀 Dari fitur – fiturnya sih cukup bagus tampaknya, dan berharap lebih mudah dari Centminmod soal settingnya.

  1. setahun lebih web saya arenalaptop.com memakai VPSSIM, sangat lengkap dan mudah. Malah menurut saya lebih mudah ketimbang cPanel. 😀
    Cuma sekarang jadi saya agak khawatit, karena VPSSIM udah nggak pernah update lagi.

Tinggalkan komentar