Cara auto-start service di CentOS

Kemarin saya mendapatkan pertanyaan lewat email mengenai bagaimana cara agar MariaDB ikut hidup saat VPSnya restart atau booting. Saya cuma diberi informasi ini kasusnya terjadi pada CentOS 7 dan menginstallnya lewat cara standar dari repository. Jadi solusinya termasuk mudah dan cepat.

CentOS memiliki 2 jenis init, yaitu:

  • System V – Ada pada CentOS 6 dan versi sebelumnya.
  • systemd – Merupakan default init pada CentOS 7.

Jadi akan memiliki sedikit perbedaan nantinya pada perintah untuk mengaktifkan service Linux pada saat booting.

Selama kita menginstall program atau service dari repository maka solusinya tidaklah repot. Saya contohkan untuk MariaDB:

  • Pada CentOS 6:
    chkconfig mysql on
  • Pada CentOS 7:
    systemctl enable mariadb

Selesai sudah. 🙂 Memang cuma seperti itu langkah – langkahnya tapi kadang orang lupa. Misal anda ingin menjalankan aplikasi atau proses lain saat booting tinggal gantikan saja nama programnya tapi format perintahnya tetap sama. Nanti akan otomatis dijalankan service tersebut dalam startupnya.

Tapi kalau anda memasangkan program tersebut dari compile source atau menambahkan secara manual binary-nya maka akan bertambah rumit. Kita harus membuat secara manual init scriptnya agar CentOS tahu bagaimana proses tersebut dikelola. Karena itu sebaiknya kalau bisa semuanya berasal dari repo, karena selain mudah updatenya juga sudah diaturkan semuanya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tinggalkan komentar