Pembahasan kali ini adalah bagaimana cara menggantikan database server MySQL yang disertakan dalam VestaCP menjadi MariaDB. Topik ini awalnya ditanyakan oleh mas Putra dan saya pikir bisa dibahas lebih lanjut. Ya, sudah saatnya kita beralih ke yang lebih baik memang. πŸ™‚

Sedikit catatan, walaupun prosesnya kalau anda ikuti tampaknya mudah tapi harap lakukan backup dulu. Ini kita akan memodifikasi satu bagian dari paket web server yang sudah terintegrasi, walau pas saya coba ya normal – normal saja tapi kan belum tentu pas anda coba lancar. Jadi resiko tetaplah ada. Lebih cocok langsung dilakukan pas instalasi baru VestaCP, kalau sudah secara aktif digunakan untuk web hosting maka sangat wajib backup.

Sekarang saya ingin mengubah MySQL 5.5.46 bawaan aslinya dengan (tidak nanggung – nanggung) ke MariaDB 10.1.10 yang adalah versi terbarunya saat ini. Tapi secara langkah demi langkah sama saja kok untuk MariaDB 5.5 dan MariaDB 10.0, cuma beda di repositorynya kalau saya amati. Oh ya, saya menggunakan Debian 8 untuk VPSnya.

Kita install dulu ya syarat – syaratnya:

apt-get install software-properties-common

Tambahkan kunci identifikasi repository MariaDB:

apt-key adv --recv-keys --keyserver keyserver.ubuntu.com 0xcbcb082a1bb943db

Akhirnya kita menambahkan repositorynya:

add-apt-repository 'deb [arch=amd64,i386] http://mariadb.mirror.triple-it.nl/repo/10.1/debian jessie main'

Baru kita install MariaDB:

apt-get install mariadb-server

Tinggal kita menunggu proses instalasi dan ini akan otomatis menghapus MySQL juga migrasi data – datanya ke MariaDB. Jadi kita tinggal menunggu saja prosesnya selesai. Di tengah – tengah prosesnya akan diminta mengisikan password rootnya, ini langsung tekan ENTER saja agar menggunakan defaultnya.

Reboot server anda untuk memastikan konversi MySQL ke MariaDB sukses dengan sempurna.

Kalau sudah selesai maka bisa anda cek sendiri kalau sudah berubah versinya:

mysql -V

Akan tampil balasan seperti berikut:

mysql  Ver 15.1 Distrib 10.1.10-MariaDB, for debian-linux-gnu (x86_64) using readline 5.2

Sebenarnya prosesnya tidak berbeda sama sekali walaupun tanpa VestaCP dalam VPSnya, disini letak bagusnya control panel satu ini dimana mereka menggunakan paket aplikasi standar dari repository yang ada. Jadi lebih aman dan fleksible dalam modifikasi isinya.