Yuk kembali ke hal dasar dalam belajar VPS, kali ini dari pertanyaan yang masuk ke email mengenai instalasi Linux dalam VPS. 🙂 Mudah sebenarnya tapi bagi yang awam atau pemula maka akan bingung bagaimana langkah selanjutnya setelah membeli sebuah Virtual Private Server. Semestinya anda akan mendapatkan email selamat datang dan informasi mengenai VPS anda. Nah… pada saat menentukan spesifikasi VPS seharusnya ada opsi sistem operasi Linux defaultnya dan mungkin anda ingin menggantinya karena sebelumnya salah atau ingin mencoba yang lain.

Disini saya membicarakan provider VPS standar yang menggunakan SolusVM untuk control panelnya. Jadi dalam email selamat datang anda harus memperhatikan alamat login SolusVM VPS control panel, biasanya diakhiri port 5353. Misal pada VirMach ada di http://solusvm.virmach.com:5353/login.php dan kemudian login menggunakan username juga password yang diberikan dalam emailnya.

Selanjutnya silahkan buka manajemen VPS anda, dan geser agak ketengah. Anda akan menemukan opsi Reinstall, klik saja.
SolusVM VPS Management

Setelah itu akan muncul daftar distro Linux dengan berbagai versinya. Yang ada disini tergantung penyedia VPS anda. Kalau saya amati minimal ada Debian, Ubuntu, dan CentOS. Diluar itu anda bisa melihatnya pada opsi CD-ROM dan melakukan instalasi manual lewat VNC.
SolusVM Reinstall VPS

Kalau dari pengaturan diatas ya tinggal pilih OSnya dan kemudian klik Reinstall. Setelah itu tinggal menunggu 5 menitan untuk login SSH lagi dan memakai sistemnya seperti biasa.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *