Cara setting rDNS pada SolusVM

rDNS atau Reverse DNS adalah salah satu setting wajib kalau anda ingin memastikan email yang dikirimkan ditolak oleh mail server tujuan atau dianggap spam. Dan kali ini saya bahas bagaimana caranya mengkonfigurasikannya pada SolusVM karena panel VPS ini merupakan satu dari dua yang populer, satunya adalah Virtualizor.
Langsung saja anda akses panel SolusVM dan buka VPS anda dan setelah itu langsung geser ke halaman paling bawah. Dan dari menu – menu yang tampil silahkan buka tab Network dan nanti anda akan menemukan setting Reverse DNS. Langsung klik saja Edit untuk menambahkan hostname dari domain atau subdomain anda.

SolusVM Reverse DNS setting

Ya, memang semudah itu caranya tapi memang sering sekali dilewatkan karena kecuali orang ingin mengirimkan email dengan SMTP misalnya ya tidak pernah digunakan.

Misal yang muncul adalah pesan: Reverse DNS is disabled for this ipaddress. Please contact support. Sudah jelas masalahnya, anda harus membuat tiket ke support provider VPS anda untuk mengaktifkan rDNS. Kenapa harus serepot ini? Alasannya sama dengan kenapa anda ingin memakai reverse DNS tapi tingkatnya ke penyalahgunaan layanan yakni mencegah pengiriman spam.

Ini masih langkah awal, masih ada SPF dan DKIM untuk lebih menjamin email yang dikirimkan sampai di inbox tujuan. 🙂

Oh ya, ini tidak bisa dikonfigurasikan dari DNS server anda sendiri karena harus didelegasikan dari pemilik alamat IPnya dan ini berarti adalah providernya.

4 pemikiran pada “Cara setting rDNS pada SolusVM

Tinggalkan komentar