Akses SSH VPS darurat

Ternyata dalam pembahasan iptables terdahulu saya lupa menceritakan bagaimana saya berhasil mendapatkan akses SSH setelah terblokir karena konfigurasi firewall yang salah. Mau diinstall ulang VPSnya jelas tidak mungkin karena data – data penting yang ada didalamnya dan juga sudah ada website aktif, jadi mau tidak mau harus jungkir balik mencari solusinya.

Ternyata bukanlah hal sulit untuk memulihkan akses SSH ke VPS asalkan kita tahu apa yang dibutuhkan. Dan saat itu saya belum tahu, karena itu makan waktu beberapa lama. 🙂 Jadi silahkan buka panel SolusVM anda dan kemudian klik VNC pada opsi – opsi yang tersedia.
SolusVM VPS Management

Kemudian akan muncul informasi akses VNC dan bisa digunakan melalui software di komputer, tapi saya tidak mau repot dan memanfaatkan HTML5 VNC Client.
SolusVM VNC Viewer

Akan muncul jendela popup, kalau diblokir oleh browser harap ditampilkan secara manual.
SolusVM noVNC

Tunggu beberapa saat, jangan klik Send CTRL+ALT+DEL-nya, dan beberapa lama kemudian akan muncul login ke Virtual Private Server anda. Gunakan username dan passwordnya. Kemudian lakukan hal – hal yang dibutuhkan untuk memulihkan VPSnya.

Misal anda lupa apa password root maka bisa menggantinya terlebih dahulu dalam SolusVM pada menu Root/Admin Password.

Semoga bermanfaat. 😀

Tinggalkan komentar