Konfigurasi permalink WordPress setelah migrasi dari Blogger

Jadi saya dapat masalah yang cukup unik dari salah satu klien, kasusnya diawali migrasi dari Blogger/Blogspot ke WordPress. Suatu hal yang biasa mestinya. Konsepnya kita akan menambahkan kode rewrite url agar format permalink dari Blogger yang pakai tahun dan bulan baru judul agar diadaptasikan dalam WordPress, entah ikut format yang sama/mirip atau diredirect 301 ke link yang baru. Terserah anda.

Tapi kali ini yang saya bicarakan adalah melakukan redirect dari url lama ke url baru yang tidak benar – benar persis kecuali judulnya. Misal http://servernesia.com/2016/04/permalink-bloggger-wordpress.html menjadi http://servernesia/permalink-blogger-wordpress/, akan otomatis prosesnya.

Saya berikan kodenya dulu yang bisa anda terapkan pada Apache dan LiteSpeed, dan tentu saja dapat digunakan dalam file .htaccess

RedirectMatch 301 ^/([0-9]{4})/([0-9]{2})/([^/]+).html$ http://nama_domain.com/$3

Diberi kode 301 untuk menandakan pengalihan url ini bersifat permanen.

Dan ini kodenya untuk Nginx:

rewrite "^/([0-9]{4})/([0-9]{2})/([^/]+).html$" http://nama_domain.com/$3 permanent;

Kalau anda tidak menggunakan kode rewrite diatas sebenarnya tidak ada masalah dalam navigasi websitenya. Cuma kalau ada yang mengklik link lama atau dari Google saat baru pindah maka akan ada kemungkinan muncul halaman error 404 - Not Found. Merugikan bukan?

Satu pemikiran pada “Konfigurasi permalink WordPress setelah migrasi dari Blogger

Tinggalkan komentar