Mematikan log Apache

Jadi ada satu website dari klien saya yang banyak masalahnya, mungkin karena ini situs PHP buatan sendiri bukannya pakai CMS, dan setahu saya tidaklah ada hal berbahaya walaupun ada saja errornya. Yang bikin masalah itu ukuran file lognya bisa mencapai 2GB! 🙁 Ini bisa dicapai dalam 1 minggu saja. Karena repot sekali hanya untuk manghapus log setiap waktu maka lebih baik dimatikan saja pencatatannya di Apache.

Mari kita mulai dari yang spesifik dulu, per website jadi kita akan edit konfigurasi virtual hostnya (/etc/apache2/sites-enabled/):

<VirtualHost *:80>
     ServerName nama_domain.com

     ErrorLog /dev/null
     CustomLog /dev/null common
</VirtualHost>

Jadi yang kita lakukan adalah mengarahkan agar file log disimpan dalam direktori /dev/null alias langsung dibuang.

Atau bisa juga dilakukan secara menyeluruh, jadi Apachenya sendiri tidak akan mencatatnya. Pastinya perlu kita modifikasi konfigurasinya (/etc/apache2/apache2.conf):

#ErrorLog ${APACHE_LOG_DIR}/error.log
ErrorLog /dev/null

Sama sebenarnya, kita mengarahkan agar log error diarahkan ke lokasi yang sama dengan sebelumnya supaya langsung dibersihkan isinya. Jangan lupa restart Apache setelahnya.

Oh ya, saya tahu kritisnya kapasitas harddisk server memanfaatkan perintah du dan kemudian melacak file – file berukuran terbesar yang ada dalam VPS setelahnya.

Tinggalkan komentar