Menggunakan MySQL tanpa username dan password

Umumnya untuk melakukan manipulasi database MySQL dalam VPS akan langsung lewat sesi SSH atau pakai phpMyAdmin. Bagi yang sudah terbiasa pakai mode teks pasti tahu akan diminta login dulu baru bisa kita melangkah lebih jauh. Nah… tahukah anda kalau kita bisa melewati proses ini?

Sebelum anda salah paham, saya jelaskan dulu: Ini bukan cara ngehack database MySQL atau cara membobolnya. Saya cuma membicarakan bagaimana kita bisa langsung mengeksekusi perintah mysql untuk masuk kedalamnya, jadi tidaklah perlu mysql -u nama_user -p dan baru mengisikan passwordnya. Otomatis jadinya.

Metode yang saya tuliskan dalam tutorial ini adalah hal sederhana, kita akan menyimpan username dan passwordnya dalam konfigurasi MySQL. Langsung saja edit my.cnf dan tambahkan kode berikut:

[client]
user=nama_user
password=kata_sandi

Sudah itu saja. 🙂 Dan tidak harus pakai username baru, root tentu saja bisa dipakai disini.

Setelah itu kalau anda menjalankan mysql, mysqldump, mysqlcheck dan seterusnya tidak akan ditanya apa – apa. Prosesnya akan otomatis mengambil username dan password dari file diatas.

Kalau menggunakan metode “malas” ini jadi menyingkat waktu dalam urusan database. Tentu saja resiko keamanannya jadi lebih besar karena tidak perlu login. Dan tentu saja berlaku untuk MariaDB dan Percona kalau anda menggunakannya.

Tinggalkan komentar