Cara mengetahui versi CentOS

Salah satu VPS saya sudah hidup selama 1 tahun dan seingat saya menggunakan CentOS sebagai sistem operasinya. Cuma lupa saja versi berapa yang digunakan. Karena tidak pernah ada masalah jadi jarang login juga ke servernya, ini yang membuat saya kadang lupa apa distro Linuxnya juga.

Nah.. Setidaknya ada 2 cara yang bisa kita lakukan dalam shell untuk mendapatkan berapa versi CentOS. Keduanya sama – sama mudahnya kok.

Pertama silahkan jalankan perintah ini:

cat /etc/centos-release

Nanti akan muncul balasan seperti ini:

CentOS release 6.7 (Final)

Alternatifnya adalah dengan mengeksekusi perintah ini:

cat /etc/issue

Akan muncul informasi sebagai berikut:

CentOS release 6.7 (Final)
Kernel \r on an \m

Seharusnya perintah diatas akan menampilkan informasi kernelnya juga seperti saat dijalankan di Ubuntu atau Debian, tapi entah kenapa di CentOS tidak muncul. Tapi jangan khawatir. Kalau anda butuh informasi mengenai kernel Linux maka caranya juga sama – sama gampangnya kok.

Ternyata VPS saya sudah menggunakan CentOS 6.7 yang merupakan versi terbaru saat ini dalam versi 6, untuk upgrade ke CentOS 7 memang bisa tapi bukan prioritas karena ini adalah server yang aktif digunakan. Kalau ada apa – apa dalam prosesnya bisa runyam nantinya. Jangan memperbaiki apa yang tidak rusak istilahnya. 🙂

Tinggalkan komentar