Tersandung IRTP-C

Tampaknya sudah fix saya jengkel dengan registrar lokal yang tidak saya sebutkan namanya disini. Bulan kemarin saya melakukan transfer domain dan lupa mengaktifkan WHOIS Privacynya. Yang biasanya gratis menjadi berbayar, padahal alasan utama saya menggunakannya karena ini. Okelah, saya kecolongan. Siap bayar juga. Tapi lebih hebat lagi bertambah rumitnya dengan adanya peraturan IRTP-C yang resmi diterapkan ICANN per 1 Desember 2016 kemarin.

Saya jelaskan dulu Inter-Registrar Transfer Policy update C ini utamanya meningkatkan keamanan kepemilikan domain dimana setiap modifikasi yang terjadi harus dikonfirmasi, yang melingkupi:

  1. Transfer nama domain
  2. Perubahan kontak
  3. Pengaktifan WHOIS Privacy

Sedangkan yang dianggap perubahan kontak signifikan sehingga dianggap proses transfer:

  • Nama
  • Organisasi
  • Email

Misal yang terjadi adalah perubahan alamat email maka akan dikirimkan surel ke alamat email lama dan yang baru untuk konfirmasi perubahan datanya. Ini wajib. Dan kalau anda melakukan perubahan datanya maka domainnya akan dilock selama 60 hari. Walaupun penguncian domain ini sifatnya opsional dari peraturan ICANN tapi saya perhatikan dari registrar yang saya pakai tidak ada yang menawarkan ini.

Karena ini sudah peraturan dari pusatnya maka saya cuma bisa ngedumel sendiri tapi menerima. Tidak masalah. Tapi yang saya jadi kecewa tampaknya registrar yang saya pakai ini ingin mendapatkan keuntungan ganda bahwa setiap perubahan data kontaknya akan dikenakan biaya setara pembelian baru. WTF… Untuk memastikan ini bukan saya yang bias sampai – sampai saya cek registrar langganan saya seperti Namesilo dan Namecheap tidak ditemukan adanya fee untuk setiap modifikasi nama, organisasi dan email pada kontaknya.

Sekarang saya pelan – pelan memindahkan nama domain yang bisa ditransfer ke yang lain yang tidak merugikan pelanggan sepetri ini. Ada – ada saja memang.

Bagaimana dengan anda? Sudah tahu atau malah sudah tersandung duluan?

Referensi yang lebih jelas daripada curhat saya:

  1. https://opensrs.com/new-transfer-policy-qa/
  2. https://www.sibername.com/blog/icann-domain-name-transfer-policy-change/

2 pemikiran pada “Tersandung IRTP-C

  1. wah…trims infonya mas chandra, nambah lagi alasan nggak pakai registrar lokal 😀 (dulu pernah pakai setahun karna dipaketin jadi satu)
    saya pakai name.com yang setiap tahunnya rutin dapat email yang isinya agar update data kontak apabila ada perubahan dan itu gratis 🙂

    • Nah itu mbak, saya pakai lokal dulunya karena murah. Ya 11-12 dengan beli diluar karena ada Free WHOIS juga, eh ini sudah jadi berbayar fiturnya ditambah ada fee yang ga jelas asalnya dan disamarkan seakan – akan ini kebijakan resmi dari ICANN. Menurut saya pribadi ini sudah memanfaatkan (ketidaktahuan) pelanggan.

      Dan langsung saya proses beberapa domain yang bisa dipindah.

      Itu email rutinnya sudah wajib mbak dari registrar. Saya dari Namecheap dan Namesilo juga dapat.

Tinggalkan komentar