Apa itu FQDN?

Beberapa hari lalu saya mendapatkan pertanyaan dari mas Bagus lewat Facebook page. 😀 Karena jarang pakai media sosial akhirnya ya slow response balasnya. Masalahnya pada saat instalasi VestaCP akan diminta mengisikan FQDN. Makanan apapula ini? 😀

Apa itu FQDN? Secara kepanjangan maksudnya adalah Fully Qualified Domain Name. Definisinya adalah nama lengkap yang valid untuk suatu host yang menentukan lokasi pastinya dalam suatu hirarki DNS. Bingung? Santai, memang teori agak sulit dipahami kalau belum ada contohnya. 🙂

Akan saya paparkan dibawah dengan misal sebuah mail server:

  • Nama Host: mail
  • Nama Domain: servernesia.com
  • FQDN: mail.servernesia.com

Sederhana kan? 😀 Mau anda anggap subdomain juga bisa. Tapi intinya FQDN itu mengarahkan ke resource spesifik yang terhubung ke internet.

Jadi mau dibuat vps.nama_domain.com juga bisa atau server.nama_domain.com atau moodle.nama_domain.ac.id, dan bahkan kotakajaib.nama_domain.com tidak dilarang juga. Yang paling penting valid, dan mungkin biar tidak bingung fungsinya bisa dipakai nama yang sedikit deskriptif.

4 Comments

    1. Tidak harus mas, cuma penamaan saja. Yang penting formatnya valid. Misal penamaan mengikuti fungsi (misal mail server atau web server) mungkin lebih baik karena deskriptif dan akurat.

      Kalau saya kadang menggunakan penamaan nama_provider.nama_domain.com biar di daftar SSH saya tahu ini aksesnya kemana.

  1. Kak mau nanya “Anda melakukan PING ke server dengan menggunakan nama domain yg memenuhi syarat (FQDN) dan tidak menerima tanggapan.Anda melakukan PING ke server yg sama dengan menggunakan alamat IP-nya dan menerima tanggapan.Mengapa anda menerima jawaban pada upaya kedua akan tetapi tidak ad jawaban pada upaya pertama?itu knp kak

    1. Tugas ini mas? 😀

      Kalau teknisnya saya bukan ahlinya sih.

      Ini FQDN sudah dibroadcast ke name server belum? Kalau tidak ya ga bisa diping. Karena FQDN ini memetakan ke alamat IP dengan service yang ditentukan.

      Kalau alamat IP itu memang sudah protokol/bahasa komunikasi komputer, karena itu paling dasar ya ini yang dipakai dan bisa langsung dijalankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *