Muncul Killed saat menjalankan composer

Sedikit curhat saja selama mengenal dan menggunakan PHP Composer. Jadi karena Flarum masih versi beta jadi seluruh proses instalasi forumnya dan ekstensinya sendiri masih manual lewat composer. Pakai SSH tentunya. Jadi pada saat proses menambahkan dukungan Google Analytics malah gagal. 🙁

Lengkapnya begini:

composer require sijad/flarum-ext-google-analytics
Using version ^0.1.1 for sijad/flarum-ext-google-analytics
./composer.json has been updated
Loading composer repositories with package information
Updating dependencies (including require-dev)
Killed

Saat update dependensi paket aplikasinya malah muncul Killed. Cukup jelas aslinya kalau yang sedang kita lakukan dibunuh. Tapi kenapa? Apa penyebabnya?

Setelah cari infomasi kesana kemari, alasannya sederhana. Ternyata kehabisan memori. Saya perlihatkan dulu berapa kapasitas RAM VPSnya:

free -m
              total        used        free      shared  buff/cache   available
Mem:            512         238         106         153         166          41
Swap:            64          62           1

Agak kaget saya. Ini yang boros dimananya. Stacknya pakai LEMP (Nginx+MariaDB+PHP-FPM). Tapi isinya cuma satu forum Flarum tadi dan trafiknya bisa dikatakan nihil.

Dari sini saya jadi agak paham bahwa dibalik kemudahan composer juga membutuhkan memori yang tidak sedikit untuk operasionalnya. Sebagai perbandingan saja, dulu pakai XenForo cuma menghabiskan separuhnya.

Solusinya? Antara upgrade spesifikasi VPS atau secara manual menambahkan file dari paket aplikasi yang ada di repository composer tadi.

Tinggalkan komentar