Troubleshooting

Panik perkara crawler AdSense

Salah satu klien saya yang juga publisher AdSense mengirimkan pesan dengan nada panik, masalahnya ada peringatan di akunnya. “Ada kesalahan perayap iklan yang dapat mengakibatkan hilangnya pendapatan.“. Ya saya agak bingung juga karena bertahun – tahun tidak ada masalah.

Setelah saya cek spesifiknya penyebabnya ada satu halaman yang tidak bisa dirayap oleh bot crawler AdSense. Tidak ditemukan, Error 404 Not Found.

Masalahnya halaman tadi memang tidak bisa diakses umum. Padahal dalam setting sudah standar tidak ada iklan yang disisipkan pada halaman bukan konten, seperti login dan panel admin. Aneh kan?

Solusi paling umum itu edit file robots.txt dan pastikan bot AdSense tidak terblokir. Paling gampangnya sih hapus saja isinya dan biarkan. Andaikata ingin detailnya, silahkan pastikan tidak ada kode berikut di dalamnya:

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow: /

Mediapartners-Google itu identitas bot crawler AdSense dan tidak sama dengan bot Google Search.

Kabar gembiranya, setelah saya lihat selangkah lebih dalam ternyata tidak ada salah apa-apa. Tidak perlu memperbaiki masalah crawler AdSense. Ini setelah saya crosscheck bahwa posting WordPress yang dilaporkan bermasalah di dasbor AdSense itu tidak dipublikasikan, masih dalam bentuk draft.

Jadi linknya sendiri hanya bisa normal dilihat kalau dalam keadaan login ke akun, selain dari itu yang page 404 not found. Analisa saya, si pemilik membuka preview/pratinjau WordPress untuk konfirmasi tampilan artikelnya. Secara tidak sadar kode iklannya ikut dimuat. Dan karena halaman ini tidak bisa diakses publik dan bot, maka dideteksi tidak ada.

Kesalahan ini saya tebak karena biasanya menggunakan adblock pada browser, dan mungkin kebetulan tidak aktif atau pakai browser lain untuk ngeceknya.

Untuk memastikannya saya menunggu 1 minggu apakah pesan peringatannya hilang baru menulis ini, dan memang iya. Hilang sudah dan aman sentosa. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *