Apa itu command not found di Linux?

Ada satu pertanyaan menarik yang masuk menanyakan kenapa saat mengikuti tutorial di internet dengan mengetikkan perintah – perintahnya kadang malah muncul pesan error seperti -bash: nano: command not found. Ya tampaknya ini juga disebabkan saya sering menggunakan nano untuk edit file teks di Linux. Haha. 😀 Sedikit merasa bersalah jadinya.

Aslinya mudah sekali, pesan kesalahan command not found itu maksudnya bahwa perintah yang anda ketikkan tidak dikenali jadi eksekusinya gagal. Ini pemahaman paling sederhana dari masalah tersebut.

Solusinya? Besar kemungkinan hal ini dapat diatasi dengan mudah dan cepat cukup dengan menginstall paket aplikasi untuk perintah yang berusaha dijalankan di shell. Perhatikan saja apa nama atau kata perintah yang error kemudian – saya mencontohkan memakai nano – jalankan perintah berikut:

  • RHEL/CentOS/Fedora
    yum install nano
  • Debian/Ubuntu/Mint
    apt-get install nano

Bagaimana kalau solusi diatas tidak berhasil memperbaikinya? Semisal malah muncul pesan kesalahan lain seperti No package nano available. Error: Nothing to do atau E: Unable to locate package nano. Ini kasusnya sudah lain dan menandakan kalau program yang ingin anda install tidak ada di repository distro Linux yang digunakan. Untuk memperbaikinya cukup dengan menambahkan repository lain yang berisi aplikasi yang diinginkan seperti EPEL di CentOS.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tinggalkan komentar