Mencari file di Linux

Untuk memaksimalkan performa server Linux maka jenis yang diinstall ada non-GUI alias hanya berbasis teks saja. Ini memang memberikan fleksibilitas dan kebebasan tinggi akan dibuat apa servernya. Tapi kadang untuk hal – hal dasar seperti mencari file atau folder dalam suatu VPS sendiri juga bukanlah hal yang mudah kalau tidak tahu caranya.

Nah… di Linux sendiri sudah menyediakan satu perintah bernama find yang akan mencari file yang sesuai dengan kriteria yang telah anda tentukan sebelumnya. Akan saya perlihatkan bagaimana cara penggunaannya berdasarkan contoh kasus supaya lebih mudah dipahami.

Untuk mencari file berdasarkan nama:

find -name "nama_file"

Sifatnya case sensitive, jadi nama_file dan Nama_file adalah hal yang berbeda.

Kalau ingin besar kecilnya huruf diabaikan gunakan perintah yang ini:

find -iname "nama_file"

Mencari file dengan ukuran kurang dari 500KB:

find / -size -500k

Atau file yang berukuran lebih besar dari 10MB:

find / -size +10M

Perhatikan simbol plus dan minus sebelum ukurannya, ini menandakan apakah akan mencari kurang dari atau lebih besar dari angka yang ditentukan.

Menelusuri direktori dengan nama public_html:

find / -type d -name "public_html"

File – file mana saja yang telah dimodifikasi satu hari lalu:

find / -mtime 1

Ya, sampai disini dulu tapi saya yakin anda sudah lumayan paham bagaimana cara memakai find untuk melacak file atau folder yang anda butuhkan. Jarang sekali saya memanfaatkan format perintah yang lebih rumit dibandingkan apa yang telah saya tuliskan diatas.

Semoga bermanfaat. 🙂

2 pemikiran pada “Mencari file di Linux

Tinggalkan komentar