Mengatasi error cURL “Problem with the SSL CA cert (path? access rights?)”

Pagi ini saat mengecek script PHP untuk backup otomatis WordPress ke DropBox dan saya mendapati pesan error “Problem with the SSL CA cert (path? access rights?)”, masalah ini sudah berlangsung hampir satu bulan. 🙁 Untung saja ketahuan sekarang daripada telat dan tidak memiliki backup apapun.

Jadi ada 3 faktor yang berhubungan, yaitu cURL digunakan oleh PHP dan berinteraksi dengan resource melalui protokol TLS/SSL. Setelah mencari tahu kesana kemari saya mendapatkan satu solusi yang langsung bisa diterapkan.

Sebelum mencoba cara dibawah silahkan dicoba direboot dulu VPS anda, ketikkan saja perintah reboot dan disusul tombol ENTER dalam shell anda. Kalau masih gagal juga mengatasi error ini maka silahkan coba solusi dibawah.

Silahkan masuk ke VPS anda dan download bundel sertifikat SSL dengan cURL:

curl http://curl.haxx.se/ca/cacert.pem -o /etc/pki/tls/certs/cacert.pem

Kemudian buka file php.ini (saya menggunakan nano text editor), kemudian cari curl.cainfo (mencari bisa dengan tombol CTRL+W dalam nano). Kalau sudah isikan dengan lokasi file yang baru anda download.

curl.cainfo = "/etc/pki/tls/certs/cacert.pem"

Setelah itu restart service PHP atau PHP-FPM yang sedang berjalan untuk menggunakan konfigurasi barunya. Kalau di CentOS bisa dengan perintah:

service php-fpm restart

Silahkan dicek lagi script anda yang bermasalah, semestinya sudah bisa dijalankan kembali dengan normal.

Semoga membantu. 🙂

5 pemikiran pada “Mengatasi error cURL “Problem with the SSL CA cert (path? access rights?)”

    • Halo Sulken, wah… bisa diperjelas mas kasusnya? Minimal anda sedang melakukan apa kok muncul error tersebut? Fungsi apa yang gagal dijalankan? Terjadi dimananya? Kalau diceritakan lengkap akan lebih baik lagi. Maklum troubleshooting masalah server kalau tidak ada informasinya nanti banyak menebaknya.

  1. Terima kasih balasannya, maaf saya baru sempat berkunjung lagi dan sampai sekarang masalah masih belum teratasi juga, sy juga sudah melakukan cara seperti artikel di https://www.virtualmin.com/node/35857 tetapi ketika sampai pada langkah rpm2cpio nss-softokn-freebl-3.14.3-19.el6_6.x86_64.rpm | cpio -idmv terdapat pesan dari console window yaitu cpio: premature end of file....

    Saya kurang tahu persis yang jelas setelah update centos 6,6, koneksi ssl dengan wordpress.org tidak bisa, plugin wordpress tidak bisa diupdate melalui halaman plugin, saya coba upload file melalui file manager webmin juga tidak bisa.

    Terima kasih.

    • Saya malah sudah lupa mas bahas apa ini. Ahaha. 😀

      Saya aslinya belum pernah mengalami masalah dengan Virtualmin dan error cpio tersebut. Tapi dari baca – baca dari Google dan link yang mas berikan, mas sudah coba update CentOSnya? Tampaknya hanya terjadi di CentOS 6.6 dan rilis terbarunya sudah di 6.7.

Tinggalkan komentar