Install ulang sistem operasi dalam Droplet

Ternyata saya sendiri belum begitu paham fitur – fitur yang ada di DigitalOcean. Haha. 😀 Kasusnya saya sudah terlanjur membuat droplet baru tapi dengan distro Linux yang salah, tidak didukung oleh aplikasi yang akan saya ujicoba. Karena saya malas menghapus droplet tersebut – bisa jadi dapat alamat IP server yang berbeda – jadinya saya mencari cara install ulang sistem operasinya.

Sempat saya kira tidak ada caranya untuk mengganti distro Linux yang sudah terlanjur terinstall, karena dalam control panelnya sendiri kurang jelas. Tapi akhirnya ketemu juga cuma lokasinya menurut saya diluar perkiraan, jadi ada dalam menu Destroy.
DigitalOcean Rebuild Droplet

Kita bukan ingin menghapus disini tapi di bagian akhir halamannya akan ada opsi Rebuild Droplet dan kemudian pilih distro Linux yang ingin digunakan pada kotak Select your image. Bila yakin maka klik saja Rebuild from image. Atau kalau ingin install ulang sistem operasi yang sama persis maka klik saja Rebuild from original.

Jangan lupa anda matikan dulu ya VPSnya, bisa lewat SSH dengan perintah shutdown now atau dari menu Power Off. Sama saja kok.

Akhirnya saya bisa menggunakan alamat IP yang sama untuk mengaksesnya tapi password rootnya digantikan juga. Ya cuma ganti 1 setting lah dalam program klien SSH saya. Hehe. 😀

2 pemikiran pada “Install ulang sistem operasi dalam Droplet

    • Postingan apa mas?

      Tapi yang dilakukan diatas itu menginstall sistem operasi baru dari nol. Jadi semua isi Droplet sebelumnya ya lenyap. Metode ini unggulnya cuma 1: Alamat IP VPS tidak berubah.

Tinggalkan komentar