Lupa password root VPS?

Pas malam minggu kemarin ada yang email ke saya dan menanyakan bagaimana kalau lupa password root untuk VPSnya. Karena sudah lancar jaya setting servernya jadi terlupakan dulu apa kata sandinya. Haha. 😀 Wajar kok. Orangnya ada rencana mau pindah provider maka mau dibuat dulu backup, tapi jelas akses SSH gagal terhalang ini.

Walaupun Virtual Private Server kita pakai Linux. Baik Ubuntu, Debian, CentOS dan sebagainya sama saja secara pelaksanaan solusinya. Dan kita tidak perlu cara manual untuk mereset password rootnya. Ini disebabkan dalam panel VPS kita sebenarnya sudah disediakan fitur untuk memulihkan/mengganti password. Mungkin jarang yang tahu saja, atau menganggapnya terlalu rumit.

SolusVM

Kalau provider anda menggunakan SolusVM (90% menggunakan ini) maka tinggal anda login ke panel anda dan pada halaman status VPSnya geser ke bagian bawah maka anda akan menemukan beberapa fitur. Salah satunya adalah Root/Admin Password.
SolusVM Change Root Admin Password

Ada 2 metode yang bisa ditemukan disini, satu adalah langsung mengganti password root dan satunya adalah otomatis direset juga dibuatkan kata sandi baru. Mana yang dipakai tergantung provider anda. Oh ya, VPS anda bisa dimatikan sementara setelah modifikasi passwordnya.

DigitalOcean

Salah satu penyedia Cloud Server terbaik di dunia ini menggunakan control panel sendiri, karena itulah agak sedikit berbeda caranya. Tapi sama – sama mudahnya kok. Kalau disini seringnya kita lupa karena wajib mengubah password default saat pertama kali login. Untuk memulihkannya tinggal anda buka panel Droplet anda dan pilih menu Access.
DigitalOcean Console Access Reset Root Password

Didalamnya anda akan menemukan opsi Reset Root Password, nanti droplet anda akan dimatikan kemudian direset password rootnya. Setelah itu kata sandi yang baru akan dikirimkan ke email.

Support Ticket

Kalau anda masih bingung bagaimana melakukan solusi diatas maka cara terakhir adalah meminta bantuan support dari provider VPS anda. Nanti akan dibantu meresetkan secara manual akses root anda. Kekurangannya ya kita harus menunggu kapan dibalasnya dan ini bisa cepat atau lama tergantung orang yang bertugas.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tinggalkan komentar