Koneksi ke server gagal? Jangan lupa cek firewall

Oke, mungkin telat tipsnya apabila sudah tidak bisa tersambung ke server. 😀 Tapi masih ada emergency console yang bisa dicoba dari panel VPSnya kalau sudah terlanjur koneksi SSH anda diblokir atau ditolak. Kali ini saya cuma share saja bahwa sadar akan keamanan itu bagus, tapi pahami dulu struktur VPS anda baru mencoba – coba memodifikasinya.

Barusan dapat konsultasi yang merupakan hal basic dalam manajemen VPS yakni mengganti port SSH, dimana pada tutorialnya saya cuma menjelaskan hal tersebut. Ternyata yang jadi masalah port barunya tidak tersambung dan port lamanya juga bernasib sama. Nah lho? Ini jelas masalah port SSH yang baru belum diwhitelist pada firewallnya.

Secara umum untuk memodifikasi port yang terbuka/tertutup pada Linux kita wajib mengijinkannya dulu pada aturan firewall yang dipakai (iptables/ufw/firewalld) port yang baru sebelum mengganti settingnya. Kalau tidak ya kasusnya nanti sama, koneksi kita akan terblokir. Anda bisa cek tutorial cara mengijinkan port SSH dan menyesuaikan dengan rencana portnya.

Dan sekedar tips, buka 2 koneksi SSH bersamaan sebelum ganti portnya. Begitu satu terblokir maka sesi satunya masih bisa digunakan untuk menyelamatkannya. Kalau tidak dan sudah terlanjur ya terpaksa lewat mode darurat. Bisa runyam masalahnya kalau ini VPS yang sudah berisi data penting.

2 pemikiran pada “Koneksi ke server gagal? Jangan lupa cek firewall

  1. Saya baru saja install debian 7. Tapi saat pngin update kenapa ngak bisa ya? ada kemungkinan sih saat saya install ada kesalahan. Bagaimanakah solusinya?
    Berikut keterangan erornya;

    rudi@debian:~$ sudo apt-get update
    [sudo] password for rudi: 
    rudi is not in the sudoers file.  This incident will be reported.
    rudi@debian:~$

    Padahal saya log-in sebagai superuser. Terimakasih atas jawabannya.

    • Sederhana mas. Karena tidak ada sudo dalam Debian anda. Malah dalam default sistem operasi Linux yang biasa digunakan dalam VPS templatenya sangat jarang diikutkan, walaupun Ubuntu.

      Jadi untuk eksekusi perintahnya ya hapus sudonya.

      Edit:

      Saya baru sadar… mas ini bikin user baru ya? Tapi solusi diatas mestinya tetap berlaku. Kalau gagal berarti perlu ditambahkan usernya pada daftar ijin sudo.

      Edit2:

      Saya buatkan pembahasannya mas Rudi: https://servernesia.com/3095/memperbaiki-sudoers-file/

Tinggalkan komentar