Beli domain jangan asal murah

Kali ini share pengalaman saja dan curhat dengan salah satu registrar domain yang belum bisa saya sebut disini karena kasusnya masih ongoing. Tapi sekalian saja membahas berburu nama domain murah, apapun ekstensinya (com, net ataupun yang eksotis) itu sering ada syarat dan ketentuannya yang tertulis dengan font kecil, italic dan disembunyikan entah dimana. 😀

Cari nama domain murah itu urusan mudah sebenarnya. Beberapa nama besar registrar seperti Namecheap, DynaDot, GoDaddy, DirectNIC, Domain.com dan lain sebagainya sering ada promo yang kadang kebangetan miringnya. Tinggal rutin saja mantau blog atau akun media sosialnya nanti tahu deal terbarunya.

Walaupun nama domainnya murah syarat dan ketentuannya yang kadang bikin minimal harga sama atau lebih mahal, salah satu celah yang dipakai adalah WHOIS Privacy itu tidak gratis. Pada beberapa registrar memang cukup terjangkau USD 1-2 lah, tapi ada yang menetapkan harganya hingga USD 5. Kecuali anda tidak ingin melindungi privasi identitas maka ya tetap hemat.

Kadang ada lagi ketentuan bahwa dilarang transfer domainnya keluar sebelum diperpanjang, jadi minimal anda nambah lagi setahun di registrarnya. Dan ini bisa jadi mahal karena tarifnya mungkin ditetapkan lebih dari standarnya.

Mungkin yang jarang dicek itu juga kualitas supportnya, dan ini yang sedang saya alami. Untungnya saya tersadar saat iseng ingin beli domain murah dengan ekstensi .party. Cuma buat domain mainan kalau pas eksperimen VPS biar ga bingung mau numpang domain mana. 😀

Ternyata pas proses pembayaran gagal karena aktivitasnya dianggap mencurigakan, ini belum meninggalkan billing websitenya, jadi bukan salah PayPal. Dan saya tes dengan kartu kredit sama bermasalahnya. Berawal dari hari Minggu kemarin sampai saat ini belum selesai juga, padahal dalam pesan errornya jelas tertulis menghubungi support apabila ternyata ini adalah kesalahan. Ternyata setiap hari (minimal 1 email) itu tidak ada kemajuan sampai sekarang.

Kalau untuk registrasi baru bukanlah masalah, tinggal minggat ke registrar lain. Yang jadi masalah itu beberapa domain saya yang sudah terlanjur ada didalamnya. Jelas tidak bisa direnew kalau tidak bisa bayar, dan tidak ada solusi manualnya. 😥 Ya… untungnya saya tahu sekarang, dan apabila dalam waktu dekat masih ribet saja akan saya pindahkan.

Tinggalkan komentar