Membuat password yang kuat dengan OpenSSL

Urusan keamanan merupakan hal paling utama dalam manajemen server karena itulah untuk salah satu metode untuk masuk kedalamnya kita benar – benar harus memaksimalkan apa yang ada. Jadi jangan biasanya menggunakan kata sandi yang mudah ditebak atau terdiri dari kata yang ada di kamus, paling parah walaupun rumit tapi anda pakai disemua server.

Sebaiknya anda membuatnya sendiri – sendiri per username, yang repot biasanya repot dan pusing menciptakan password yang kuat. Tapi dengan bantuan OpenSSL semuanya menjadi mudah. 🙂

Disini saya menggunakan SSL, membuat password yang acak, memanfaatkan Base64 (jadi ada angka, huruf kapital/kecil dan simbol yang menyusun hasilnya nanti), dan panjang karakternya ditentukan sendiri. Saya contohkan:

openssl rand -base64 8

Balasannya akan mirip seperti ini:

INZY5Ai2sus=

Saya ciptakan yang panjangnya 8 karakter. Kalau kurang panjang tinggal anda ganti saja nilai parameter diatas ke angka yang lain.

Sekian. 😀 Silahkan anda gunakan dan tentu saja jangan lupa anda catat, saya menganjurkan supaya aman simpan dalam aplikasi password manager seperti KeePass. Kalau di notepad seperti kebiasaan lama saya dulu lama – lama bingung kalau sudah tidak rapi lagi, dan ada resiko diintip orang lain yang tidak berkepentingan.

Tinggalkan komentar