Menciptakan file kosong di Linux

Ada satu pertanyaan yang masuk lewat email menanyakan bagaimana cara membuat file kosong di Linux, jadi setelah membaca tutorial untuk menciptakan file teks sebelumnya ternyata untuk kasus si penanya ingin tidak ada isinya. Hal ini aslinya juga sangat mudah dan cepat dilakukan lewat command line Linux seperti biasanya, tapi saya jarang menggunakannya karena pasti ada isinya setiap kali menciptakan file baru. Hehe. 🙂 Ya lain penggunaan lah.

Ada beberapa metode yang lazim digunakan dan mungkin pada tutorial setting VPS di internet pernah anda temukan tapi tidak tahu fungsinya apa. Nah… sekalian saya jelaskan jadinya. 🙂

Metode pertama akan menggunakan perintah touch, aslinya berfungsi mengubah waktu file tersebut digunakan tapi kalau pas dijalankan filenya tidak ada maka akan otomatis dibuat.

touch nama_file

Metode kedua malah lebih singkat lagi, kita akan menggunakan syntax dari redirection (< atau > tergantung mau dimasukkan kemana) di shell Linux.

> nama_file

Aslinya masih ada lagi format - format perintah untuk menghasilkan hal yang sama di Linux. Banyak jalan menuju Roma prinsipnya. 😀 Tapi paling mudah diingat dan cepat dieksekusi adalah 2 metode diatas.

Oh ya, tentu saja isinya kosong dan tipe filenya nanti tergantung bagaimana file tersebut dimodifikasi. Tidak harus teks. Di Linux tidak mengenal adanya ekstensi file seperti di Windows, jadi agak beda.

Tinggalkan komentar