Untuk mengurus sebuah VPS tidak semudah menggunakan TeamViewer karena memang tidak ada tampilan grafisnya. Kita harus mengakses server Linux menggunakan protokol SSH dan di Windows ini tentu kita perlu aplikasi tambahan. Kalau anda mencari tutorial setting Virtual Private Server di Internet biasanya sudah akan disarankan atau malah tidak disebut sama sekali.

Nah… pembahasan kali ini bisa dikatakan hal mendasar dan mengenalkan anda akan apa saja opsi software SSH yang tersedia di Windows. 🙂

  • PuTTY: http://www.chiark.greenend.org.uk/~sgtatham/putty/
    Merupakan mbahnya software client SSH. Sangat basic sekali tampilannya tapi fungsinya cukup lengkap. Memang programnya bisa dibawa kemana – mana tapi konfigurasinya disimpan di registry Windows, jadi repot kalau ingin menggunakannya di komputer lain.
  • KiTTY: http://kitty.9bis.com/
    Kalau saya butuh PuTTY yang lebih lengkap fitur – fiturnya juga aplikasi SSH portable maka saya memakai yang ini. Tampilannya sama persis.
  • Xshell: https://www.netsarang.com/products/xsh_overview.html
    Ini adalah yang saya pakai sampai saat ini sejak mengenalnya. 😀 Buat saya lebih mudah mengoperasikannya dan bagusnya bisa terintegrasi dengan aplikasi Xftp untuk urusan transfer file. Tidak perlu buka sesi atau login baru, cukup klik iconnya saja dan sesi SSH anda akan digunakan juga pada lokasi saat itu.
  • Royal TS: https://www.royalapplications.com/ts/win/features
    Mau yang lebih bagus lagi? Silahkan coba Royal TS. Walaupun versi gratisnya ada batasan jumlah koneksi dan jumlah profil yang disimpan. Tapi asalkan masih dibawah 10 sangat direkomendasikan. Aslinya saya ada niat beli yang berbayar, apa daya budget THR kemarin sudah habis. Haha. 😀

Saya yakin dari daftar aplikasi SSH diatas ada yang terlewat seperti Bitvise SSH (kurang suka dan saya coba sekilas saja), SecureCRT (jaman kuliah saya pakai dan pakai lisensi kampus, kalau beli sendiri mahal soalnya 😥 ), dan mungkin lainnya. Belum saya bahas karena pengalaman masih minim dan versinya jadul.

Bagaimana dengan anda? Ada aplikasi SSH favorit yang bisa direkomendasikan?