Menghapus file di Linux

Ternyata saya belum pernah membahas bagaimana caranya menghapus file di Linux padahal untuk direktori sudah. Haha. 😀 Padahal ini juga hal mendasar yang wajib diketahui para administrator server. Dan tidak ada yang sulit karena memang perintahnya cuma 2 huruf saja. 😉

Langsung saja ya, misal kita ingin menghapus sebuah file:

rm sebuah_file.tar

Begitu ditekan ENTER akan langsung diproses dan tidak ada pesan apapun yang muncul kalau berhasil. Selesai sudah tutorialnya. Hehe. 😀

Tapi kalau anda ingin menghapus direktori/folder tidak bisa pakai ini karena ada perintah khususnya, dan apabila anda coba akan muncul pesan error dibawah.

rm: cannot remove `nama_dir': Is a directory

Kecuali anda menambahkan satu parameter lagi untuk memaksa rm menghilangkan direktori:

rm -f nama_direktori

Parameter -f itu artinya jalankan saja dan abaikan semua peringatan dan error. Ampuh kalau anda memakai user root karena tidak ada batasan akses.

Ingin menghapus seluruh isi direktori? Pakai yang ini:

rm -r nama_direktori

Dengan -r maka prosesnya akan dilakukan secara rekursif sampai habis. Tapi akan gagal kalau didalamnya ada direktori lain.

Solusinya? Tinggal kombinasikan saja 2 parameter diatas untuk menghapus semua isi direktorinya tanpa sisa:

rm -rf nama_direktori

Sebelum anda menekan ENTER harap memastikan dulu namanya sudah benar dan isinya tidak ada yang penting/sudah dibackup. Kalau terlanjur maka tidak ada cara untuk memulihkan data yang terhapus.

Tinggalkan komentar