Cara mengoptimalkan JPEG di Linux

Untuk memaksimalkan performa website sekaligus menghemat kapasitas HDD dan bandwidth VPS maka memperkecil gambar atau foto bisa dikatakan wajib. Efeknya akan mempercepat konten anda dimuat dalam browser. Fokus kali ini adalah gambar dengan format JPG/JPEG. Kalau anda menggunakan WordPress maka ada plugin yang akan mengotomatiskan prosesnya, tapi karena memakai PHP sering terjadi stalling, karena itu akan lebih baik kita melakukannya langsung dari servernya. Lebih ringan dan cepat.

Apa yang dibutuhkan? Kita akan memanfaatkan jpegoptim dan tinggal anda install saja:

  • Debian/Ubuntu
    apt-get install jpegoptim
  • CentOS
    yum install jpegoptim

Untuk menggunakannya tinggal ikuti format perintah berikut:

jpegoptim Laptop-hard-drive-exposed.jpg

Saya ambil contoh gambarnya dari Wikipedia dengan ukuran 5.65MB.

Dan akan langsung diproses:

Laptop-hard-drive-exposed.jpg 4600x3520 24bit N Exif IPTC XMP ICC Adobe  [OK] 5929355 --> 5196403 bytes (12.36%), optimized.

Bisa dilihat akan berkurang sekitar 12% ukuran filenya dan ini tanpa penurunan kualitas gambar yang bisa dibedakan mata manusia.

Bagaimana kalau ingin melakukan kompresi JPEG secara massal? Tinggal eksekusi perintah ini:

for i in /lokasi_direktori/*.jpg; do jpegoptim $i; done

Ekstensi filenya bisa antara jpg atau jpeg, tinggal anda adaptasikan saja. Dan kalau banyak filenya harap anda bersabar menunggunya.

Kompresi JPGnya akan menggunakan setting default dan ini sudahlah cukup dari percobaan saya, apabila lebih tinggi lagi malah bisa merusak hasilnya.

Oh ya, backup dulu file – filenya sebelum diproses. Walaupun saya belum pernah mengalami masalah selama mengoptimalkan ribuan lebih gambar JPG tapi lebih baik ada cadangan gambar aslinya.

Tinggalkan komentar